Pemkab Bekasi HUT RI Ke 75

Kepala DPU Tangsel: Alat yang Dipasang di 11 Titik Bukan FEWS Tapi AWLR

 

KOTA TANGSEL,PenaMerdeka – Kepala Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Kota Tangsel Aries Kurniawan mengatakan alat yang dipasang di sebelas titik sungai adalah Automatic Water Level Recorder (AWLR), bukan Flood Early Warning System (FEWS).

AWLR atau Perekam Level Air Otomatis tersebut kata dia dipasang untuk kegiatan yang sesuai dengan Tugas Pokok dan Fungsi (Tupoksi) DPU, yaitu untuk perencanaan bagian Sumber Daya Air (SDA), seperti pengerukan sungai, pembuatan tanggul, drainase dan lainnya.

“Alat yang kita punya itu AWLR bukan FEWS. Alat yang kita pasang di sebelas titik itu untuk kegiatan sesuai dengan Tupoksi PU, yaitu untuk perencanaan SDA,” kata Aries saat di konfirmasi, Jum’at (10/1/2020).

Aries mengungkapkan, sejak tahun 2012 alat tersebut sudah terpasang di sebelas titik sungai, yaitu sungai Kedaung BPI 2, Kedaung MA, Ciputat SMAN 5, Ciputat Taman Mangu, Cibenda Hulu, Cibenda Hilir, Ciputat Hulu, Ciputat Japos, Serua Hulu, Serua Hilir dan sungai Cantiga.

“Sudah dipasang dari tahun 2012, dicek saja,” tuturnya.

Sebelumnya diberitakan, hasil diskusi anggota DPRD Kota Tangsel Aji Bromokusumo dengan BPPT mengatakan, sejak 2017 DPU Tangsel memiliki alat Flood Early Warning Sistem (FEWS). Namun, alat tersebut berbeda dengan pernyataan Aries.

“Bahasa orang lapangan dan seorang dosen mungkin berbeda,” tegasnya.

AWLR tersebut diketahui dapat berfungsi sebagai sistem peringatan dini banjir pada Daerah Aliran Sungai (DAS). Namun, ternyata belum terkoordinasi dengan baik antar dinas terkait kebencanaan.

Aries menuturkan, tidak ada kewajiban bagi DPU untuk memberikan data dari AWLR kepada instansi lain terkait bencana, kecuali ada permintaan khusus. Sehingga, apabila data tersebut dibutuhkan, seharusnya Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) berinisiatif untuk memintanya.

“Kita tidak punya kewajiban untuk memberikan data dari AWLR ke BPBD, kecuali ada permintaan khusus. Sehingga kalau BPBD membutuhkan, mestinya mereka yang berinisiatif, karena yang tahu kebutuhannya mereka,” tandasnya. (ari tagor)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Disarankan
Loading...