Ada Faktor Kecerobohan Menajemen Banjir

0

JAKARTA,PenaMerdeka – Ketua Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU), Said Aqil Siradj menyebut bencana banjir tak melulu disebabkan oleh faktor alam. Menurutnya, bencana juga karena ada kecerobohan menajemen banjir

“Ada peran kecerobohan manajemen banjir yang tidak dilakukan dengan baik. Tumpang tindih, tidak dilakukan dengan baik,” Katanya di Kantor Persekutuan Gereja-Gereja di Indonesia (PGI), Jakarta, Sabtu (11/1).

Ia berpendapat, pemangku kepentingan yang menangani banjir justru silang pendapat. Hal itu merujuk kepada perbedaan pendapat antra Menteri PUPR dengan Gubernur DKI Jakarta.

“Tidak karu-karuan. Antara Menteri PUPR dan Gubernur tabrakan ngomongnya saat diwawancarai. Kelihatan sekali koordinasinya jauh dari yang kita harapkan,” ungkap Said.

Ia menambahkan, bencana memang kehendak Tuhan, namun ada peran manusia yang menyebabkan terjadinya bencana alam. Untuk itu ia berpesan agar selalu menjaga keseimbangan alam.

“Kita harus pasrah total kepada Tuhan yang Mahakuasa, tsunami kita pasrah kepada Tuhan, apa pun kita nggak bisa melawan kekuasaan Tuhan,” imbuhnya. (jo/deden)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Loading...