Pemkab Bekasi ads HPN 2020

Penghapusan Tenaga Honorer, Begini Penjelasan Ketua Forum Honorer Banten

0 609

SERANG,PenaMerdeka – Pemerintah pusat melalui Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) dan Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) menyetujui untuk menghapus tenaga honorer.

Menanggapi hal itu, Ketua Forum Honorer Banten Bersatu, Martin Al Kosim, menilai penghapusan tenaga honorer masih belum jelas.

Sebab, menurutnya sampai saat ini yang mengikuti test Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (P3K) masih belum mendapat Surat Keputusan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (SKP3K).

“Sampai saat ini juga belum jelas, yang diterima siapa? dan ditolak siapa?. Masih belum jelas,” kata Martin, Selasa (21/1/2020).

Ia mengatakan, bahwa untuk aturan penghapusan tenaga honorer kita menyambut baik dan bersyukur. Tetapi teknis pelaksanaannya yang perlu kita ketahui terkait data, apakah pemerintah pusat sudah mengetahui  data honorer mana K2 dan non K2.

“Untuk wacana penghapusan itu, honorer mau dihapus diganti P3K, nah disitu tidak dijelaskan apakah honorer K2 atau pun non K2,” katanya.

Kemudian, kata dia, apakah pengangkatan ini ada test lagi yang akan dilakukan pemerintah atau tidak. Dan jika adapun pengangkat tenaga honorer, pihaknya menyambut positif akan tetapi harus dibuktikan.

“Kalau misalkan tes lagi sistem nya. Itu kan sama aja bohong masuknya ke orsosing lagi, kan persoalanya tahun kemarin tes kita dibenturkan dengan kendala usia,” paparnya.

Sementara itu, Wali Kota Serang Syafrudin mengatakan, bukan berarti aturan ini menghilangkan semua tenaga honorer. Akan tetapi diganti dengan program P3K.

“Jadi yang honor ini akan kita angkat, bukan dibuang,” kata Syafrudin kepada awak media usai Rapat Koordinasi dan Evaluasi Pelaksanaan APBD di kantor Puspemkot Serang.

Syafrudin mengakui, saat ini tenaga honorer di Kota Serang ada 1.000 tenaga honorer. Namun, sebetulnya dari sejumlah itu sudah dibiayai pemerintah seperti Tenaga Harian Lepas (THL) dan lainnya.

“Pasti tenaga honorer sudah dibiayai pemerintah dan pusat juga akan membantu pembiayaannya,” tandasnya. (Aden)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Disperkimta Tangsel Ads
Loading...