Penerbangan Ditutup, Menhub Bakal Tinjau Transportasi Laut Tujuan China

CEGAH VIRUS CORONA

0

KOTA TANGERANG,PenaMerdeka – Menteri Perhubungan (Menhub), Budi Karya Sumadi bakal meninjau transportasi laut tujuan ke negara China. Hal itu untuk lebih mengantisipasi adanya invasi virus yang telah mematikan sekitar 41 warga China.

Bahkan, wabah yang diduga berasal dari Kota Wuhan, membuat kota tersebut ditutup total untuk menghindari penyebaran virus yang lebih parah lagi.

“Jalur laut pelabuhan tentu kita akan lakukan (peninjauan). Tapi, semua kegiatan kita tidak lakukan ego sektoral, kita akan mengkoordinasikan ke beberapa sektor khususnya Kementerian Kesehatan dan Kementerian Luar Negeri,” ujar Menhub saat melakukan peninjauan di Bandara Internasional Soekarno-Hatta (Soetta), Kota Tangerang, Minggu (26/1/2020).

Ia mengatakan, saat ini penerbangan dari dan menuju Kota Wuhan sudah ditutup sementara dalam waktu yang tidak ditentukan. Bahkan, armada maskapai Lion Air terakhir kali terbang dari Kota Wuhan dalam keadaan tanpa penumpang.

“Disana (Kota Wuhan) sudah close jadi pesawat Lion Air kembali juga kosong tidak ada lagi penerbangan ke Wuhan ke Indonesia, bahkan maskapai Garuda tidak ada tujuan ke Wuhan,” jelasnya.

Menhub menambahkan, saat ini pihaknya tengah berkoordinasi dengan Kemenkes dan Kemenlu perihal perlunya penutupan penerbangan ke seluruh Kota di China. Hal tersebut agar lebih menghindari adanya penularan virus tersebut ke Indonesia.

“Kota lain kita akan membahas dengan Kemenkes dan Kemenlu terhadap perkembangan yang ada disana satu sisi melakukan kegiatan preventif menangkal supaya tidak ada perpindahan virus ke Indonesia, dan diwakili oleh pergerakan yang ada di Bandara dan tentu saya mengapresiasi KKP sudah melakukan langkah yang baik,” pungkasnya. (hisyam)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Disarankan
Loading...