HUT RI 76

Prodak UMKM Indonesia Banyak Dilirik Pasar Luar Negeri

KOTA TANGERANG,PenaMerdeka – Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki mengunjungi AeXi Export Hub, kantor satu atap yang menangani izin, sertifikasi, logistik, dan kurasi untuk mempermudah dan mempercepat ekspor produk Indonesia ke luar negeri.

Kedatangannya untuk melihat hak ekspor yang menghubungkan UMKM dengan buyer luar negeri berjalan dengan tepat yang berlangsung di Grand Serpong Mall, Kebon Nanas, Pinang, Kota Tangerang, Rabu (11/3/2020).

“Saya senang sekali ada semacam hak ekspor yang menghubungkan UMKM dengan buyer di luar negeri. Saya kira di AeXI ini semua terjawab, yakni sebagai pendampingan kepada UMKM agar produknya mereka sesuai dengan  permintaan buyer. Seperti standar produk, packaging dan lain sebagainya. UMKM domestik jadi bisa bersaing di global market,” papar Teten usai acara kepada wartawan, Rabu, (11/3/2020).

Teten mengatakan, sistem seperti itulah yang diperlukan pemerintah sekarang ini. UMKM saat ini telah banyak menjamur di seluruh Indonesia dan harus ada yang menghubungkan ke pihak luar negeri.

“UMKM saat ini di Indonesia banyak, jadi melalui sistem online melalui platform global e-commerce seperti ini, semua jenis komoditi bisa dijual sesuai permintaan dunia. Permintaannya untuk sekarang ini tidak dalam skala besar. Berapa pun permintaannya bisa langsung masuk ke retail yang menghubungkan ke global market,” terangnya.

Teten menuturkan, produk-produk yang dijual UMKM saat ini telah dilirik pasar luar negeri. Maka dari itu, lanjutnya, harus ada perbaikan sistem penyaluran untuk membuat percaya buyer.

“Apapun sekarang produk UMKM seperti pertanian, furnitur hingga kelinci saja dilirik luar negeri. Sekarang kita tinggal perbaiki kapasitas ekspornya saja. Jadi kita terus dukung setiap kegiatan UMKM,” jelasnya.

Keberadaan Aexi Export Hub ini diharapkan bisa memberi contoh kepada pihak swasta lainnya untuk bisa membantu UMKM, nelayan, hingga petani dipertemukan dengan buyer dari luar negeri. (hisyam)

Disarankan
Click To Comments