Tangani Corona, Pemprov Banten Gelontorkan Rp10 Miliar

0

SERANG,PenaMerdeka – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Banten menggelontorkan anggaran Rp10 miliar untuk menangani Virus Corona (Covid-19). Dana itu pengajuan Dinas Kesehatan (Dinkes) dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) tahun 2020 melalui Bantuan Tidak Terduga (BTT).

“Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Banten telah menggelontorkan anggaran kepada Dinkes Provinsi Banten untuk penanganan pencegahan dan penularan virus Vorona di Banten mencapai Rp 10,065 miliar. Peruntukannya belanja langsung sarana dan prasarana (sarpras) dan insentif bagi tenaga medis yang diterjunkan,” ucap
Sekertaris BPKAD Provinsi Banten, Dwi Sahara di Serang, Kamis (19/3/2020).

Ia mengatakan, total keseluruhan dana BTT Pemprov Banten mencapai Rp45 miliar. Namun, dana tersebut sudah dikeluarkan untuk keperluan penanggulangan banjir dan longsor di Banten, dan membangun jembatan yang terputus akibat bencana tersebut.

“Dana BTT tersedot untuk keperluan penanggulangan bencana banjir dan tanah longsor di Provinsi Banten, sebesar Rp2,44 miliar padan awal tahun lalu. Untuk pembangunan jembatan yang mengalami putus sebesar Rp29,4 miliar, meski belum cair,” katanya.

Jadi katanya, dari keseluruhanya Rp45 miliar, pihaknya sudah mengeluarkan Rp41,964 miliar.Masih ada tersisa Rp3,036 miliar yang masih bisa digunakan untuk kebutuhan bencana.

“Kami berharap agar tidak ada lagi bencana yang dapat melanda Provinsi Banten kedepan nantinya. Tapi kalau untuk penanganan covid-19 ini masih diperlukan. Andaikan status KLB ini diperpanjang, mungkin kita akan melakukan pergeseran anggaran untuk yang urgen dulu, dari Dinkes kita alihkan dulu kedepan,” tukasnya. (dra)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Disarankan

Tinggalkan pesan

Alamat email anda tidak akan disiarkan. Penamerdeka.com tidak bertanggung jawab dengan isi komentar, tulisan komentar sepenuhnya tanggung jawab komentator sesuai aturan UU ITE