Jazuli Abdillah Selamat Idul Fitri

Pemprov Banten Fokus Empat Penataan Objek Destinasi Wisata

BANTEN,PenaMerdeka – Dinas Pariwisata (Dispar) Pemerintah Provinsi (Pemprov) Banten memfokuskan empat prioritas program yang akan dijalankan pada tahun 2018 dan 2019. Salah satunya untuk penataan destinasi wisata dalam upaya peningkatan kunjungan wisatawan.

Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Banten, Eneng Nurcahyati mengatakan, bahwa ada empat pilar prioritas program yang akan dilaksanakan Dispar Provinsi Banten.

Mulai dari penataan destinasi wisata sesuai indikator daya tarik wisatawan yang meliputi aspek infrastruktur, lokasi parkir, akses menuju objek serta pengembangan masyarakat di sekitar wilayah tersebut, salah satunya yang sedang dilakukan adalah revitaliasi lokasi wisata ziarah Banten Lama.

“Fokus lainnya untuk penguatan industri pariwisata dan ekonomi kreatif, pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) pariwisata dan pemasaran pariwisata,” ucapnya.

Dari program prioritas tersebut, akan dipisahkan sesuai dengan masukan-masukan dari pemangku kepentingan pariwisata di Provinsi Banten agar mendapatkan dukungan anggaran, baik dari pemerintah pusat melalui APBN ataupun APBD. Serta juga melalui pos anggaran yang ada di masing-masing organiasi perangkat daerah (OPD) yang memberikan dukungan terhadap pengembangan pariwisata di Provinsi Banten.

“Nanti kita akan pihak-pihak dan tetap kita kawal terus. Tapi fokus kita tahun ini dan 2019 adalah pengembangan destinasi wisata,” tungkasnya.

Tujuan progam itu sesuai dengan arahan dari gubernur Banten, pengembangan program itu sebagai salah satu upaya untuk meningkatkan kunjungan wisatawan. Peningkatan laju pertumbuhan ekonomi dan meningkatkan lama tinggal wisatawan yang datang ke Banten.

“Kalau bagus, nanti juga wisatawan dapat berhari-hari berada di lokasi tersebut dan mereka suatu saat akan kembali lagi datang ke objek wisata tersebut,” ucapnya.

Menurutnya, Forum Rencana Kerja Dinas Pariwisata Provinsi Banten tahun 2019 upaya menampung berbagai masukan dan usulan agar penyusunan program dan rencana kerja Dinas Pariwisata Provinsi Banten Tahun 2019.

Setelah berbagai usualan tersebut masuk dari semua pihak terkait atau “stakeholder” destinasi wisata di Banten, nantinya akan dipisahkan dan yang menjadi prioritas akan dituangkan dalam program untuk dilaksanakan Tahun 2019. (redaksi)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Disarankan