Donor Darah Disebut Tetap Aman Ditengah Wabah Covid-19

0

KOTA TANGERANG,PenaMerdeka – Ketua Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Tangerang, Kuswarsa memastikan donor darah tetap aman dilakukan ditengah wabah Virus Corona (Covid-19).

“PMI tetap melayani pelayanan darah. Kebutuhan darah tentu tidak bisa ditunda, pasien di rumah sakit yang membutuhkan tranfusi tentu harus juga mendapatkan perhatian,” terang Kuswarsa kepada wartawan, Minggu (22/3/2020).

Namun, dengan kondisi saat ini beberapa kegiatan donor darah yang diselenggarakan oleh lembaga instansi ada yang dibatalkan. Tentu hal ini sangat berpengaruh dengan stok darah di PMI,” tambahnya.

Sementara, Kepala Unit Donor Darah PMI Kota Tangerang David H Sidabutar, menuturkan, kegiatan donor darah di markas maupun di luar PMI dengan mobil unit tetap kami lakukan.

Hal itu untuk memenuhi kebutuhan stok darah yang ada PMI Kota Tangerang meski masyarakat dibatasi untuk berpergian ke tempat-tempat keramaian.

“Kami berusaha untuk menambah stok darah dengan berbagai cara, di antaranya broadcast messages ke pendonor darah yang sudah rutin mendonorkan darahnya, membuat grup-grup media sosial pendonor darah, mengingatkan untuk donor darah kembali,” ungkap David.

Kata dia, pihaknya juga terus memberi edukasi juga dilakukan kepada pendonor darah dan masyarakat bahwa donor darah aman. Karena Covid-19 tidak ditularkan lewat darah donor.

“Sudah ada himbauan dari Bapak Jusuf Kalla, Ketua Umum PMI bahwa donor darah aman dari Covid-19. Selain itu, PMI Kota Tangerang melakukan jemput bola dengan 10-20 pendonor dengan meminta dukungan komunitas-komunitas,” tukasnya. (hisyam)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Disarankan

Tinggalkan pesan

Alamat email anda tidak akan disiarkan. Penamerdeka.com tidak bertanggung jawab dengan isi komentar, tulisan komentar sepenuhnya tanggung jawab komentator sesuai aturan UU ITE