HUT RI 76

Jokowi Siapkan Hari Libur Pengganti Untuk Mudik

JAKARTA,PenaMerdeka – Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengimbau masyarakat tidak mudik pada hari raya Idul Fitri Tahun ini agar penyebaran virus corona tidak meluas ke daerah. Sebagai gantinya, Jokowi tengah mewacanakan hari libur pengganti agar masyarakat tetap bisa mudik.

“Saya melihat ini mungkin untuk mudik dalam rangka menenangkan masyarakat. Mungkin nanti akan mengganti hari libur nasional di lain hari untuk hari raya, ini bisa dibicarakan,” kata Presiden melalui telekonferensi di Istana Negara, Kamis (2/4).

Hari libur pengganti akan dibahas seusai wabah virus corona berakhir. Jokowi juga menginstruksikan jajaran menteri untuk menyiapkan skenario dan fasilitas arus mudik pengganti.

“Saya kira skenario tersebut dilakukan, kita bisa memberikan sedikit ketenangan kepada masyarakat,” ungkapnya.

Jokowi menegaskan, jika ada masyarakat yang nekat mudik pada Idul Fitri ini, maka langsung ditetapkan sebagai Orang Dalam Pemantauan (ODP). Dengan berstatus ODP, maka seseorang diwajibkan untuk mengisolasi diri selama 14 hari.

“Pemudik yang pulang dari Jabodetabek bisa diberlakukan sebagai ODP sehingga harus menjalankan isolasi mandiri,” ujarnya. (rur)

Disarankan
Click To Comments