Ramadhan Kab Bekasi

Kominfo Temukan 474 Hoaks saat Pandemi Covid-19

0

JAKARTA,PenaMerdeka – Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) mencatat 474 hoaks saat pandemi Covid-19 di Indonesia. Temuan itu merupakan hasil patroli Cyber Drone.

Menteri Komunikasi dan Informatika, Johnny G Plate mengatakan, ratusan kabar hoaks itu tersebar di seribu lebih platform digital hingga Rabu (8/4/2020).

“Melalui Cyber Drone Kominfo, kami menemukan begitu banyaknya hoaks yang telah beredar di masyarakat. Hingga pagi ini ada 474 isu hoaks secara kumulatif dan tersebar di lebih dari seribu sebaran di platform digital,” kata Johnny di Gedung BNPB.

Dengan banyaknya hoaks yang meresahkan, Johnny telah berkomunikasi dengan sejumlah patform digital, di antaranya Facebook, Twitter, dan YouTube. Hal itu menurutnya guna menangkal penyebaran hoaks di masyarakat.

“Langkah-langkah pertama yang kami lakukan di saat-saat keadaan darurat kesehatan seperti ini, adalah berkomunikasi dengan platform digital global, di antaranya dengan Facebook, dengan Twitter, Instagram dan YouTube,” ungkapnya.

Johnny merinci sebaran hoaks digital tersebut di antaranya Facebook sebanyak 785, Instagram sebanyak 10, Twitter sebanyak 324 dan YouTube sebanyak 6. Dari total tersebut, yang sudah ditindaklanjuti berjumlah 359 hoaks.

“Dan yang sudah ditindaklanjuti oleh platform-platform global adalah sebanyak 359, 303 oleh YouTube, 3 Instagram, dan 53 oleh Facebook, dan yang terakhir oleh YouTube sampai saat ini kami masih mengusahakannya,” jelas Johnny. (rur)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Disperkimta Tangsel Ads
Disarankan
Loading...