Pemkab Bekasi HUT RI Ke 75

Lima Cara Membuat Udara Rumah Lebih Bersih dan Segar

JAKARTA,PenaMerdeka – Selama pandemi membuat kita menghabiskan lebih banyak waktu di rumah saja. Demi kesehatan, kita juga rutin membersihkan dan mensterilkan rumah, terutama bagian yang kerap disentuh.

Menghabiskan waktu yang panjang di rumah saja harus diimbangi dengan suasana yang nyaman dan kualitas udara yang baik. Untuk udara di rumah yang lebih baik, kamu bisa mencoba beberapa hal berikut ini:

1. Biarkan udara keluar dan masuk ruangan

Tentu saja cara tercepat, termudah dan termurah untuk mendapatkan lebih banyak oksigen mengalir ke ruang kita dan mengundang aroma yang lebih segar adalah dengan membuka jendela beberapa kali sehari. Untuk udara yang lebih segar, selalu buka pintu dan jendela di pagi hari.

2. Essential Oil

Semua orang suka rumah yang beraroma segar dan bersih, bukan? Ada aroma tertentu yang dipercaya bisa membangkitkan indera dan menghilangkan bau tidak sedap dari makanan, kelembaban, atau hal-hal lain yang mungkin melekat di ruangan.

Aroma bersih dan segar seperti lemon, jeruk, rosemary, dan peppermint dapat membantu menghilangkan bau dan menyegarkan rumah.

Minyak atsiri dengan sifat antibakteri seperti minyak pohon teh membantu meningkatkan kualitas udara di rumah dengan mengurangi bakteri di udara.

Kamu juga bisa menggunakan minyak esensial seperti eucalyptus, cengkeh dan rosemary jika memiliki alergi, menderita asma atau memiliki anak. Aroma ini dipercaya baik untuk paru-paru atau sinus yang sensitif.

3. Lilin aroma

Membakar lilin yang berbau harum mungkin menjadi cara untuk memanjakan, bersantai, dan rileks.

Namun, membakar lilin sintetis yang penuh wewangian buatan di rumah bagi sebagian orang dapat membuat sakit kepala dan juga menyebabkan kontaminasi udara dalam jangka panjang.

Oleh karena itu, pilih lilin yang terbuat dari bahan alami seperti lilin lebah atau menghilangkan kemungkinan kecelakaan berapi-api dengan menggunakan lilin lampu LED yang saat ini tersedia dalam segala bentuk dan warna.

Untuk pendekatan yang lebih ramah lingkungan, kamu bahkan bisa menggunakan yang bertenaga surya di ambang jendela atau di balkon.

4. Tanaman dalam ruangan

Meskipun ada bukti yang bertentangan tentang efektivitas tanaman menghilangkan senyawa organik yang mudah menguap dari udara, beberapa penelitian menyebut tanaman akan meningkatkan kualitas udara di dalam ruangan.

Sebagai contoh, tanaman ular, atau disebut lidah mertua, diketahui mengurangi formaldehyde, toluene dan xylene di udara. Sementara krisan dapat membantu menyaring racun dari plastik dan deterjen, termasuk amonia dan benzena.

Sekalipun kemampuan pemurnian udara dari tanaman terbatas, menempatkan tanaman hijau dalam ruangan akan menambahkan warna yang segar dan berkarakter ke dalam dekorasi rumah.

5. Rajin bersih-bersih jika punya hewan peliharaan

Sebagian besar hewan peliharaan, secara alami, meninggalkan kulit mati hampir di mana saja di rumah. Untuk itu, pastikan kebersihan rumah diperhatikan.

Menyedot rambut hewan peliharaan yang melekat pada sofa, karpet dan kasur secara teratur adalah langkah pertama. Jangan lupa untuk rajin memandikan atau menyikat hewan kesayangan untuk meringankan gejala alergi karena bulu hewan.

Agar hasilnya lebih maksimal, gunakan pembersih vakum dengan filter HEPA untuk menangkap partikel-partikel halus dan memastikan kebersihan yang lebih baik. (ri)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Disarankan
Loading...