Wagub DKI: Banyak Pedagang Pasang yang Tak Mau Tes Swab

0

JAKARTA,PenaMerdeka – Wakil Gubernur (Wagub) DKI Jakarta, Ahmad Riza Patria menyebutkan, banyak pedagang pasar yang tidak mau menjalani tes swab. Sebab, para pedagang takut dikucilkan masyarakat jika hasilnya menunjukkan positif Covid-19.

“Kami menyampaikan di beberapa daerah itu sangat menghindari tes karena takut ketahuan, bahkan di beberapa daerah itu pedagang pasar tidak mau dites,” ujar Riza saat diskusi ‘Jelang Usai PSBB Transisi’, Sabtu (4/7/2020).

Kendati demikian, Riza menyampaikan, Pemprov DKI Jakarta terus melakukan langkah persuasif dan meminta pedagang untuk menjalani pemeriksaan Covid-19. Tujuannya untuk mencegah penyebaran Covid-19 di pasar makin meluas.

“Kalau kami, kami kejar. Kami pastikan semua pedagang di-testing, kalau tidak mau, kami kejar dengan berbagai cara persuasif, akhirnya pedagang mau di-testing,” kata Riza.

Selain gencar lakukan tes masif, kata Riza, Pemprov DKI juga memastikan aktivitas di pasar menerapkan protokol pencegahan Covid-19. Sebab, pasar kini telah menjadi salah satu klaster baru penyebaran Covid-19 di Jakarta.

“Kami terus tambah aparat yang berjaga, protokol kesehatan diterapkan makin ketat. Kami tambah dengan ganjil genap, semua pedagang harus pakai face shield, masker, terus kami minta ke pedagang kalau ada pengunjung tidak pakai masker jangan dilayani,” tukasnya. (jirur)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Disarankan
Loading...