Kolaborasi dengan China dan Korsel, Indonesia Siapkan Vaksin Covid-19

0

JAKARTA,PenaMerdeka – Menteri Kesehatan Terawan, Agus Putranto mengatakan, dalam pengembangan vaksin Covid-19, pemerintah Indonesia berkolaborasi dengan sejumlah negara seperti China dan Korea Selatan.

Terawan mengatakan, Indonesia melalui PT Bio Farma berkolaborasi dengan perusahaan bioteknologi China, Sinovac dalam membuat vaksi Covid-19. Kedua perusahaan itu menargetkan dapat izin edar pada awal tahun 2021.

“Untuk kolaborasi international telah dilakukan kolaborasi, pertama PT Bio Farma dengan Sinovac Bioteknologi LTD, estimasi izin persetujuan edar pada awal tahun 2021,” kata Terawan dalam rapat kerja dengan Komisi IX DPR di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (14/7/2020).

Terawan juga mengatakan, PT BCHT teknologi Indonesia berkerja sama dengan perusahaan China National Biotech dan menargetkan dapat izin edar vaksi Covid-19 pada awal Mei 2021.

Kemudian, PT Kalbe Farma berkolaborasi dengan perusahaan Genexine Inc, Korea Selatan. Kedua perusahaan menargetkan dapat izin edar vaksin Covid-19 pada Agustus 2021.

“Terakhir, PT Bio Farma dengan The Coallition for Epidemic Preparation Inovation atau CEPI telah masuk dalam daftar manufaktur atau short list yang berpotensi untuk memproduksi vaksin Covid-19,” ujar dia.

Terawan menuturkan, pencarian vaksin Covid-19 juga dilakukan di dalam negeri dengan membentuk konsorsium vaksin Covid-19 yang diinisiasi Kementerian Riset dan Teknologi (Kemenristek).

Ia menambahkan, konsorsium vaksin Covid-19 dalam negeri itu melibatkan Lembaga Eijkman, Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan (Balitbangkes), Bio Farma, dan perguruan tinggi. “Dengan target pelaksanaan uji klinis pada sementer dua tahun 2021,” pungkasnya. (Jirur)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Disarankan
Loading...