HUT RI 76

Ribuan Hektar Lahan Kritis Banten Dihijaukan

PENGHIJAUAN LAHAN TERCANTUM DALAM RPJMD PEMPROV BANTEN

BANTEN,PenaMerdeka – Meski ditengah pandemi Covid-19, Pemprov Banten mengupayakan penghijauan lahan kritis. Tercatat ada belasan ribu hektar yang masih diupayakan penghijauan.

Menurut Husni Hasan Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (DLHK) Provinsi Banten, pihaknya masih eksis konsentrasi lahan yang ada di Banten.

“Lahan-lahan yang kritis di kita masih banyak, sekitar 200 ribuan hektar lagi lahan kritis,” ucap Husni saat ditemui di Gedung DPRD Banten pada Kamis (16/7/2020).

Dia menambahkan, dalam rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Pemprov Banten setiap tahun menganggarkan persoalan penghijauan lahan kritis.

“Di RPJMD Banten, kita setiap tahun wajib menanam sekitar 3 juta pohon. Ini tetap harus dilakukan meski di tengah covod-19,” katanya.

Husni mengaku adanya pandemi covid-19, sempat mengalami kendala untuk menggelar program penanaman pohon.

“Tetap menjadi prioritas utama walaupun ada covid, meski ada kendala, baik anggaran maupun tenaga. Kalau kita anggaran yang direfocusing untuk covod sekitar Rp12.5 miliar dari 29 miliar. Jadi hampir 50 persennya,” katanya.

Dalam pelaksanaan program tersebut, sambungnya, pihaknya mengajak masyarakat, instansi terkait dan TNI Polri.

“Sekarang ini yang bergerak ada 8 kelompok, dari sebelumnya 14 kelompok. Ada penurunan, tapi target volume setiap kelompok kita naikan,” katanya. (dra)

Disarankan
Click To Comments