Jazuli Abdillah Selamat Idul Fitri

Ini Kata Guru Kota Serang dan Cilegon Soal Program Pendidikan Usaid Prioritas

Apong Latifah, guru SDN Sumber Agung Kota Serang terkait program Usaid Prioritas yang diterapkan di tingkat SD/MI dan SMP/Mts menuturkan bahwa salahsatunya siswa dapat memahami pengelolaan uang dan perhitungan bilangan operasional dari praktik belajar berjualan.

“Dulu pengaturan duduk siswa seperti di dalam bis kota. Sekarang pengaturan duduk siswa sudah berkelompok sehingga memudahkan diskusi dan belajar bersama-sama. Duduk berkelompok juga memudahkan guru memantau aktivitas dan kinerja siswa selama pembelajaran,” kata Basroh Amirudin, salahseorang guru MTsN 2 Kota Serang, Jumat (29/7).

MTsN 2 Kota Serang adalah satu dari 18 sekolah mitra LPTK Banten yang berada di Kota Serang, Kota Cilegon dan Kabupaten Serang.

Selain dampak pembelajaran, praktik baik yang sudah diterapkan juga terlihat dalam peran komite sekolah dalam medukung kemajuan sekolah. Hal ini diakui oleh Encip Muhaimin, komite sekolah MIN 1 Kota Cilegon yang berhasil menggalang dana untuk pendirian masjid di sekitar madrasah.

“Usaid Prioritas tidak hanya melatih guru saja, tetapi juga kepala sekolah dan komite sekolah dalam pelatihan manajemen sekolah,” kata Suhardi, Kepala MIN 1 Kota Cilegon.
Usaid Prioritas (Prioritizing Reform Innovation and Opportunities for Reaching Indonesia’s Teachers, Administrators and Students) adalah program bantuan senilai 88,2 juta dolar AS untuk meningkatkan akses ke pendidikan dasar berkualitas di Indonesia.

Tujuan dan hasil yang ditargekan membantu menyediakan akses ke pendidikan berkelas dunia untuk siswa Indonesia di sekolah/madrasah tingkat dasar dan menengah pertama. (iday)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Disarankan