Selamat Istirahat Pesawat N250 Gatot Kaca 

N250 RESMI DIMUSEUMKAN

JAKARTA,PenaMerdeka – Pesawat N250 Gatot Kaca tiba di tempat peristirahatannya di Museum Pusat TNI AU Dirgantara Mandala, Yogyakarta, Jumat (21/8/2020) kamarin. Sebelumnya, pesawat itu melintasi perjalanan yang panjang. 

Fuselage (badan pesawat) N250 Gatot Kaca yang sebelumnya ada di PT Dirgantara Indonesia. Kemudian dibawa menuju Yogyakarta menggunakan truk trailer.

“Perjalanan Sang Gatot Kaca ini menempuh jarak kurang lebih 567 kilometer,” ujar Kepala Dinas Penerangan TNI AU (Kadispenau) Marsma TNI Fajar Adriyanto dalam keterangan tertulisnya kepada wartawan.

Fajar mengatakan, selama perjalanan menuju Yogyakarta perjalanan Pesawat N250 banyak menarik perhatian warga yang melintas di jalan tol. Pemudik banyak yang membuka jendela mobil untuk melihat lebih jelas badan pesawat bercat putih dan biru itu.

“Karena truk yang membawa fuselage sangat panjang dan lebar, maka kecepatannya pun kurang lebih 40 kilometer per jam,” ungkap Fajar.

Pesawat N250 Gatot Kaca karya BJ Habibie sekarang diistirahatkan di Museum Pusat TNI AU Dirgantara Mandala, Yogyakarta.

 

Sesampainya di Yogyakarta, kata Fajar, pesawat kebanggaan Indonesia tersebut bakal dijadikan monumen yang bisa dilihat masyarakat.

“Sebagai pertanda bahwa bangsa Indonesia mampu membuat pesawat terbang dengan teknologi canggih, yakni fly by wire,” tutur Fajar.

KRISIS MONETER N250 DISTOP PENGERJAAN

Pesawat N250 merupakan masterpiece dari presiden republik Indonesia ke-3 Prof Dr Ing H Bacharuddin Jusuf Habibie, FREng yang berhasil membuktikan bahwa anak bangsa mampu memproduksi pesawat terbang.

Adapun Gatot Kaca pertama kali mengudara, bertepatan dengan HUT Republik Indonesia yang ke-50 pada 1995. Sayangnya akibat krisis moneter 1998, pesawat tersebut di stop pengerjaannya.

Sebelumnya, PT Dirgantara Indonesia menyerahkan pesawat N250 Prototype Aircraft 01 (PA01) Gatotkaca untuk melengkapi koleksi Museum Pusat Dirgantara Mandala (Muspusdirla) di Yogyakarta.

PT DI menyerahkan pesawat tersebut sebagai tindak lanjut Surat Keputusan Kepala Staf TNI Angkatan Udara (SKEP) Nomor 284/VIII/2020 tanggal 14 Agustus 2020 tentang Penugasan Penerimaan Hibah Pesawat PA01 N250 milik PTDI untuk ditempatkan di Muspusdirla.

Akhirnya fuselage N250 Gatot Kaca tiba di Museum Pusat TNI AU Dirgantara Mandala, Yogyakarta dengan selamat, sekitar pukul 05.10 WIB. (Jirur)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Disarankan
Loading...