Update Bocoran Pengajuan Cuti dan Penunjukan Pjs di Pilkada Banten

MASIH NUNGGU GUBERNUR DAN SK KEMENDAGRI

BANTEN, PenaMerdeka – Ada empat (4) Pilkada serentak yang diselenggarakan di Banten dan melibatkan petahana yang maju kembali sebagai bakal calon (Balon). Pengajuan cuti Balon dan Plt petahana disebutkan sedang dalam proses.

Seperti diketahui, empat daerah di Banten akan melaksanakan Pilkada Serentak, diantaranya Kabupaten Serang, Kabupaten Pandeglang, Kota Cilegon dan Kota Tangerang Selatan (Tangsel).

Dua pasangan kepala dan wakil kepala daerah kembali mencalonkan diri, yaitu Ratu Tatu Chasanah-Pandji Tirtayasa di Pilkada Kabupaten Serang.

Serta Irna Narulita-Tanto Warsono Arban akan maju kembali sebagai bakal paslon di Kabupaten Pandeglang.

Sementara untuk di Kota Cilegon terdapat petahana Ati Marliati namun posisinya hanya Wakil Wali Kota Cilegon.

Kabar terkahir, Wali Kota Cilegon Edi Ariadi tak mencalonkan diri. Hal serupa juga terjadi Kota Tangsel, yakni hanya wakil wali kota Benyamin Davnie yang mencalonkan diri.

Menurut Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Banten Al Muktabar saat ditemui di Gedung DPRD Banten mengatakan, cuti kepala daerah saat ini tengah diproses oleh pihaknya.

“Cuti kepala daerah sedang diproses, semua sudah mengajukan. Kemarin terakhir dari Kota Cilegon,” ucap Sekda kepada penamerdeka.com, Selasa (1/8/2020).

Ia menambahkan, dilakukannya ajuan dari masing-masing kepala daerah yang maju kembali pada kontestasi pilkada, maka Pemprov saat ini tengah menimbang-nimbang siapa yang nanti akan ditunjuk menjadi Pejabat Sementara (Pjs) untuk mengisi kekosongan tersebut.

“Pengajuan sudah semua, kebetulan saya yang parafnya. Kan itu ada prosesnya, nanti pak gubernur hal ini akan memberikan persetujuannya,” katanya.

Sementara terkait waktu hasil nama-nama pengajuan cuti balon, Ia mengungkapkan akan dilakukan secepatnya sampai batas-batas peraturan perundang-undangan.

“Sementara nanti untuk Pjs, otoritasnya ada di Kementrian Dalam Negeri (Kemendagri) untuk meng-SK-nya kan itu proses usulan saja,” katanya. (dra)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Disarankan
Loading...