Pemkab Bekasi HUT RI Ke 75

Tim Advokasi Tantu-Pandji Adukan Eks Bupati Serang ke Bawaslu

DIANGGAP ADA UNSUR UJARAN KEBENCIAN

KABUPATEN SERANG,Penamerdeka -Tim Advokasi Hukum Tatu Chasanah dan Pandji Tirtayasa melaporkan Bupati Serang periode 2005-2015 Ahmad Taufik Nuriman (ATN) ke Bawaslu Kabupaten Serang.

Pasalnya karena dianggap melakukan ujaran kebencian saat melakukan deklarasi pasangan calon Nasrul Ulum dan Eki Baihaki.

Ketua tim advokasi hukum Tatu-Tatu, Deni Ismail Pamungkas mengatakan, dugaan ujaran kebencian tersebut dilakukan pada tanggal 6 September 2020 saat deklarasi di Bojonegara.

Dikabarkan sebelumnya, diketahui ATN merupakan ayah dari Eki Baihaki sebagai balon wakil bupati Serang dalam pilkada kabupaten Serang.

“Kalimat yang disampaikan eks bupati itu memuat indikasi adu domba dan hinaan terhadap pasangan petahana,” ucap Deni usai melaporkan ke Kantor Bawaslu Kabupaten Serang, Kota Serang, Selasa (15/9/2020).

Meski begitu, pihaknya enggan menyebutkan delik aduan tersebut, dan mengungkapkan bahwa Klien yang melaporkan merupakan warga Bojonegara.

“Terkati status orang ini, kami masih merahasiakan, karena masih privasi. Pokoknya yang melaporkan itu orang Bojonegara,” katanya.

Adapun pasal yang dilaporkan, sambungnya, nanti terserah kebijakan dari Bawaslu.

Pihaknya hanya menyerahkan fakta hukum ke Bawaslu. Biar nanti Bawalu yang menindaklanjuti atas laporan tersebut.

“Yang pasti kami menyajikan sebuah fakta-fakta itu, bahwa ada indikasi perbuatan penghinaan mengadu masyarakat kabupaten serang. Bukti itu klien kami menerima video di group, jadi klien kami tergabung dalam sebuah grup masyarakat Bojonegara,” katanya.

Ia menambahkan, seharusnya mantan pejabat publik bisa mengayomi masyarakat, tutur katanya menjaga norma sosial dan hukum.

“Harapannya, kami sih terlapor sadar dan meminta maaf kepada publik terkait atas perbuatannya,” harapnya.

Sementara itu, Staf Sengketa Bawaslu Kabupaten Serang Hami, mengaku telah menerima berkas laporan tersebut, dan akan segera menindaklanjutinya.

“Kami sudah menerima kelengkapan berkasnya. Setelah ini akan diserahkan ke pimpinan. Berkas ada semua, nanti ada kajian lagi dari pimpinan. Kalau terbukti nanti akan diproses sesuai ketentuan yang berlaku,” katanya. (dra)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Disarankan
Loading...