Pemkab Bekasi HUT RI Ke 75

Air Kehitaman, Pasca Pintu Air Situ Parigi Tangsel Jebol Petambak Ikan Ngeluh

PERBAIKAN PINTU AIR DIMINTA JANGAN ASAL-ASALAN

KOTA TANGSEL,PenaMerdeka – Kondisi jebolnya pintu air Situ Parigi di Kota Tangsel seluas 3 meter di keluhkan warga setempat. Pasalnya keberadaan situ sebagai salah satu akses mata usaha warga.

Satiri (55) Ketua RW 021, Kelurahan Parigi Lama, Pondok Aren, Kota Tangsel, mengaku bahwa warga ingin secepatnya ada perbaikan.

Mewakili warga dia juga mendesak pihak kontraktor yang saat ini sedang mengerjakan revitalisasi Situ Parigi segera bekerja cepat. Selain pintu air, dia juga meminta turap yang berada di kawasan situ juga dibangun lebih baik.

“Iya agar turapnya juga agar lebih bagus jangan asal-asalan lah dari semula. Dan sepengetahuan kita, proyek- proyek seperti ini lebih dari dua (2) kali sudah dikerjakan,” bebernya, Kamis (17/9/2020) kemarin.

Dia meminta agar proyek perbaikan di Situ Parigi menjadi terbengkalai seperti sebelumnya.

“Waktu itu terbengkalai, ya karena waktunya (masa kerjanya) terburu kudu habis jadi hanya setengah- setengah aja, seperti jembatannya (di pintu air) belum dibetulin juga,” ujarnya.

Fungsi pengairan dari Situ Parigi menurut pengakuannya, banyak dimanfaakan sebagian besar masyarakat setempat untuk usaha perikanan, dan pertanian.

“Ratusan petambak ikan banyak yang memanfaatkan air dari waduk ini mas. Terus kalau airnya hitam campur lumpur begini kan, masyarakat banyak khawatir ikannya mati, karena pintu air yang satu lagi kan ditutup sudah lama, tapi mungkin juga kalau dibuka pintu yang disana khawatir kebanjiran rumah-rumah warga,” tutur Satiri.

Dia pun berharap perbaikan di Situ Parigi benar- benar baik karena berdampak bagi perekonomian warga, dari sektor pariwisata.

Sementara, Rahmat, Lurah Parigi Lama, senada dengan Satiri, agar kerusakan yang terjadi di pintu air ini, agar secepatnya perbaikan diselesaikan.

Kata dia, sampah yang sebelumnya bisa terjaring di pintu air, tetapi pasca jebol sekarang kondisinya terbawa air hingga tersangkut di jalur drainase.

“Karena selama ini, kami juga tidak pernah dilibatkan prosedur- prosedur untuk perawatan, atau segala macamnya. Selama ini kami kalau tanya ke pihak terkait selalu jawabannya ini (proyek) ranahnya masuk ke pusat lah,’ katanya.

Img 20200918 084112
Sampah tersangkut di sejumlah titik aliran drainase, tidak terjaring terbawa air, Kamis (17/9/2020)

 

Sementara pihak Kontraktor Pelaksana CV Bangun Cipta Rejeki mengklaim bahwa jebolnya pintu air bermula karena hujan deras yang melanda pada Selasa (15/9/2020) malam lalu.

“Ya itu, hujan deras sebelumnya, debit air yang kencang jadi jebol pak,” ungkap Jakaria, Admin proyek kepada penamerdeka.com, Rabu (16/9/2020).

Ia menjelaskan bahwa pihaknya sesuai keterangan di papan proyek saat ini kegiatan optimalisasi daya tampung dan perapihan tanggul pintu air Situ Parigi. (msg)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Disarankan
Loading...