Pemkab Bekasi HUT RI Ke 75

Hajatan Pilkada Diantara Ancaman Covid-19, JARI 98: Ditunda Beresiko Dilanjut Beresiko

BIAYA POLITIK BAKAL PASLON SUDAH TERSERAP BESAR

KOTA TANGSEL,PenaMerdeka – Penyelenggaraan Pilkada diantara acaman Covid-19 tetap dilanjutkan. Jaringan Aktivis Reformasi Indonesia (Jari) 98 menyebut bisa dilaksanakan asalkan dengan ketentuan protokol Covid-19.

Ketua Presidium Jari 98, Willy Prakarsa, menyatakan. Biaya yang telah dikeluarkan dari bakal pasangan calon pasti sudah signifikan.

“Jawaban saya lanjutkan terus, asal tetap mengikuti protokol kesehatan covid 19. Tidak perlu ditunda karena ini hajatan demokrasi meski para bakal paslon sudah mengeluarkan cost politik,” ungkap Willy, dalam sebuah kegiatan di Setu, Tangsel, Selasa (22/9/2020) petang.

Andaikan ditunda, para Paslon menuntut, menuntutnya kepada siapa. Jika ditunda lantas pemimpinnya masih seseorang itu lagi, maka demokrasinya dimana, jadi bukan suatu alasan.

Willy pun telah membaca dari beberapa pemberitaan berkait statement Mendagri, yang menyebutkan bahwa rencana Pemilihan Kepala Desa akan dilaksanakan serentak di 3 ribu wilayah se Indonesia.

Maka Pilkades tersebut jika ada penundaan, merupakan hal yang sah saja dan lebih baik diundur.

“Karena masih bisa dikendalikan oleh walikota dan bupati,” katanya.

“Ditunda resiko, tidak ditunda juga resiko dan inilah politik pandemi covid-19, karena dibalik kabar soal ditundanya pilkada bukan berati pemerintah tak memiliki anggaran,” ungkap Wily.

Kalaupun ada pertanyaaan, yang menyebut telah ada pertimbangan dari Komnas HAM, terakhir PB NU dan Muhammadiyah, lalu jika keputusan tetap lanjut, itu merupakan tekanan parpol atau bagaimana.

Menurut Willy, istilah tekanan tidak ada, dan PB NU menghendaki ditunda itu sah. dalam artian berlomba untuk kebaikan.

“Akan tetapi apakah virus corona itu terlihat, kan engga, jadi sami’na wa ato’na aja deh kita, terserah pemerintah, mereka lah yang tahu, yang jadi prioritas tetap ikuti protokol kesehatan,” pungkasnya. (msg)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Disarankan
Loading...