Tolak RUU Ciptaker, Ribuan Buruh Blokir Jalan di Kota Tangerang

HENDAK KE DPR-RI DICEGAT

KOTA TANGERANG,PenaMerdeka – Ribuan buruh yang tergabung dalam Konfederasi Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (K-SPSI) memblokir Jalan Perintis Kemerdekaan, Cikokol, Kota Tangerang, Banten, Senin (5/10/2020).

Pemblokiran itu lantaran buruh yang hendak bertolak ke gedung DPR RI, Jakarta untuk menggagalkan pembahasan klastes ketenagakerjaan dalam RUU Ciptaker mendapat penghadangan dari kepolisian setempat.

Ketua K-SPSI Provinsi Banten, Dedi Sudrajat alasan mengerahkan buruh ke gedung wakil rakyat itu lantaran enganggap RUU Omnibus Law atau Ciptaker sudah mendegradasi UU Nomor 13 Tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan.

“Sejak awal, sudah sangat jelas sikap kami terhadap RUU Omnibus Law ini. Kami menolak disahkan,” katanya di lokasi, Senin, 5 Oktober 2020.

Pantauan di lokasi, pemblokiran oleh masa buruh tersebut menimbulkan kemacetan hingga pintu masuk/keluar Tol Tangerang. Petugas kepolisian pun menurunkan mobil barakuda dan water canon.

Wakapolres Metro Tangerang Kota, AKPB Yudhistira Midhyawan, mengatakan pihaknya melakukan penyekatan di setiap titik keluar Kota Tangerang.

“Begitu pun di Jakarta, karena aksi hari ini disamping masih pandemi covid-19 tentu ada maklumat dan perwal tentang kegiatan berkumpul mengerahkan massa. Kita berusaha menggalang persuasif untuk membubarkan kalau tidak mau, kita cegah ke Jakarta,” ucapnya.

Yudhistira menambahkan pihaknya melakukan rekayasa arus lalu lintas di Kebun Nanas, Cikokol, Batuceper, Cipondoh, Ciledug dan pintu keluar Tol Tangerang. (hisyam)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Disarankan
Loading...