Bekasi Bakal Bangun Jalur Sepeda di Jalan Ahmad Yani hingga Kali Malang

PERPANJANG DI 2021

KOTA BEKASI,PenaMerdeka – Pemerintah Kota (Pemkot) Bekasi bakal memperpanjang jalur sepeda di tahun 2021 dan 2022. Jalur sepeda tersebut berbeda dengan yang sudah ada di sepanjang Jalan Ahmad Yani, Bekasi Timur saat ini.

Kepala Bidang Lalu Lintas Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Bekasi, Jawa Barat, Teguh Indrianto mengatakan, jalur sepeda yang baru itu akan dibangun di samping trotoar.

Jalur tersebut nanti bisa dipakai pesepeda setiap hari, tidak seperti jalur di Jalan Ahmad Yani yang hanya dipakai saat Car Free Day. Perpanjangan jalur dilaksanakan dari kawasan Bekasi Central Park hingga Jalan Cut Mutia.

“Tahun depan nanti sama Badan Pengelola Transportasi Jakarta (BPTJ) dari Bekasi Central Park (BCP) sampai dengan Jalan Cut Mutia. Selain itu dilanjutkan dari Jalan Sudirman ke arah Sultan Agung menuju kawasan Harapan Indah,” kata Teguh.

Setelah perpanjangan jalur sepeda BCP – Cut Mutia selesai tahun 2021, proyek perpanjangan jalur akan berlanjut ke KH Noer Ali atau Jalan Kalimalang tahun 2022

Perpanjangan jalur sepeda ke kawasan Kalimalang jadi prioritas utama lantaran wilayah tersebut termasuk dalam kategori jalan nasional.

Namun, beberapa tahap harus dilalui pemerintah untuk membangun jalur sepeda di kawasan tersebut, salah satunya yakni pembebasan lahan.

“Karena ini akan jadi prioritas di tahun 2022 (dibuat jalur sepeda) sambil menunggu kesiapan lahannya. Kalau sudah siap baru kami marking,” kata Teguh.

Hingga saat ini, pembangunan jalur sepeda baru dilakukan di kawasan Jalan Ahmad Yani. Jalur tersebut akan dibangun sepanjang 2,6 kilometer mengarah ke kawasan BCP

Lebar jalur sepeda itu mencapai 1,5 meter. Jalur akan dicat warna hijau dan dilengkapi dengan beberapa marka jalan.

Teguh memastikan pembangunan jalur sepeda di samping trotoar Jalan Ahmad Yani akan selesai akhir tahun ini. (Ew)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Disarankan
Loading...