Sudin Damkar Jakarta Timur Luncurkan Aplikasi Go-Damkar

PERCEPAT LAYANAN

JAKARTA,PenaMerdeka – Suku Dinas (Sudin) Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan Jakarta Timur meluncurkan aplikasi Go-Damkar. Aplikasi tersebut guna mempercepat pelayanan pemadaman kebakaran dan penyelamatan.

“Selama ini masyarakat melaporkan kejadian melalui telepon dan datang ke pos damkar terdekat,” ujar Kasudin Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan Jakarta Timur, Muchtar Zakaria, Selasa (1/12/2020).

Namun, lanjutnya dalam menindaklanjuti laporan terkadang menemui kesulitan karena alamat tidak tepat tidak ada tanda tanda kejadian khususnya penyelamatan. Padahal penyelamatan ini perlu kecepatan tiba dilokasi supaya korban segera ditolong.

Dengan melapor melalui Go-Damkar, pelapor dapat langsung diketahui lokasinya sesuai titik koordinat. Setelah itu, petugas langsung menemukan lokasi dengan cepat.

Sementara itu, Kasi Pencegahan Sudin Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan Jakarta Timur, Edi Parwoko mengatakan, inovasi itu dibuat sebagai upaya mempercepat respons pelayanan.

“Ide ini muncul saat sedang monitor pelaporan operasi penyelamatan, saat menuju tempat kejadian perkara (TKP), petugas sering bertanya kepada operator komunikasi titik kenal kejadian, dan ini akan membuat respons ke TKP menjadi lambat karena harus mencari dan bertanya-tanya,” katanya.

Dengan kejadian ini maka muncul ide untuk membuat Go-Damkar, yaitu pelaporan dengan menampilkan koordinat map pelapor dan video kejadian,” lanjut Edi.

Adapun aplikasi GO- DAMKAR dapat diunduh di PlayStore melalui laman https://play.google.com/store/apps/details?id=net.damkarjaktim.godamkar. (jirur)

Disarankan
Click To Comments