HUT RI 76

DLH Kota Tangerang Kembangkan Tempat Sampah Terpendam

PERCANTIK ESTETIKA PERKOTAAN

KOTA TANGERANG,PenaMerdeka – Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Tangerang sedang mengembankan tempat sampah dengan metode terpendam. Tempat yang menggunakan geomembran itu guna menata estekita sepanjang pinggir jalan agar warga tidak membuang sembarangan di tempat pembuangan sampah (TPS).

Kepala DLH Kota Tangerang, Dedi Suhada, mengatakan untuk tahap awal bakal diimplementasikan pada 20 lokasi. Setiap lokasi memiliki ukuran 1,2 meter x 1,2 meter dengan kedalaman satu meter.

“Nah itu kita menggunakan bungkus atau dari pada kantong sampah dengan bahan geomembran. Karena kekuatan dari geomembran cukup kuat yang dapat menampung 1,44 kubik atau setara dengan 0,4 ton,” ujarnya saat ditemui di kantornya, Selasa, 8 Desember 2020.

Rencananya, lanjut Dedi bakal mulai direalisasikan pada Tahun 2021 dengan memprioritaskan di jalur-jalur kondisi jarak yang cukup. Karena bakal diangkut menggunakan armada yang dilengkapi fasilitas crane.

“Karena melihat di perkotaan ini banyak kendala terkait dengan lokasi TPS. Karena, adanya TPS di wilayah perkotaan ini sudah kurang elok,” katanya.

Dedi menjelaskan di TPS itu saat ini banyak mengundang masyarakat dari luar Kota Tangerang membuang sampah. Bahkan, membuang sampahnya itu semaunya dengan cara dilempar. Sehingga membuat sampah berantakan di TPS.

“Sekarang ini juga, kalau membangun TPS kita kesulitan dengan permasalahan lahannya. Untuk itu kita coba kembangkan tempat sampah terpendam ini,” ucapnya.

Dedi menambahkan untuk taham awal tempat pembuangan sampah terpendam itu bakal diprioritaskan di sepanjang Jalan Maulana Hasanuddin dan Jalan Kali Sipon ke arah Gondrong. Untuk lokasi uji coba sudah dilakukan di Jalan Benteng Jaya.

“Kami juga mengimbau kepada masyarakat setelah kita bangun tempat itu, bisa sambil jalan sekalian membuang sampah di tempat itu. Jadi jangan sampai sampah berantakan. Lalu dari sisi estetika dengan itu, ataupun pencemaran bisa teratasi,” jelasnya. (hisyam)

Disarankan