Viral! Sampah Berserakan Terbentang di Samping Pintu TOL JORR Kota Bekasi

WARGA RESAH KEBAUAN

KOTA BEKASI,PenaMerdeka – Video bentangan sampah di samping pintu Tol Lingkar Luar Timur (JORR), Kampung Caman, Kelurahan Bekasi Barat, Kota Bekasi, viral di media sosial. Video yang diunggah akun Instagram @bekasi_24_jam, tampak sampah yang bertumpuk di lapangan yang sangat luas.

Ketua RT 05/RW 06, Kelurahan Jakasampurna, Kecamatan Bekasi Barat, Tarawan mengaku bahwa wara di sekitar mulai resah. Sebab, keberadaan sampah yang hampir memenuhi sisi lahan itu membuat warga kebauan.

“Kalau hujan bau banget. Sudah bukan bau lagi, karena memang sudah banyak banget sampahnya,” kata Tarwan, Minggu (24/1/2021).

Tarwan menjelaskan, bentangan sampah tersebut berdiri di atas sebuah lahan garapan sebuah milik sebuah perusahaan swasta. Awalnya tanah itu kosong, namun warga dari luar mulai membuang sampah ke lahan tersebut.

Tindakan itu meresahkan warga setempat lantaran lahan tersebut bukanlah tempat sampah umum.

“Justru dari luar dia (warga luar) buang sampah di situ (lahan kosong). Mereka (warga dari luar) enggak mau bayar retribusi sampah. Kami pernah mau tangkap mereka tapi keburu kabur itu yang pada suka buang sampah di situ,” katanya.

Kondisi itu pun sudah berlangsung selama dua tahun. Tak jauh dari lokasi tempat sampah, terdapat pula sebuah permukiman warga. Permukiman itu dianggap ilegal lantaran berdiri di atas tanah garapan.

Tarwan melanjutkan walau sampah tersebut tak menimbulkan banjir dikala hujan, warganya tetap saja meresahkan keberadaan lautan sampah tersebut. “Ya kami berharap agar pemerintah melakukan tindakan cepat untuk menanggulangi lautan sampah itu,” harapnya. (ewwy)

Disarankan
Click To Comments