Empat Alur Vaksinasi Covid-19 di Kota Tangerang

VAKSIN SONIVAC

KOTA TANGERANG,PenaMerdeka – Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Tangerang, Liza Puspadewi menyatakan pihaknya telah menerima sebanyak 22.280 dosis vaksin. Nantinya, proses pendaftaran vaksinasi ada empat alur.

Liza menyebutkan, untuk vaksinasi tahap pertama tersebut diprioritaskan diberikan untuk tenaga medis.

“Vaksin dengan periode pertama pendaftaran vaksinasi untuk tenaga kesehatan Kota Tangerang. Apakah itu dari pemerintah atau dari swasta. Pemberian kepada tenaga kesehatan akan dilakukan selama dua tahapan,” ujarnya, Minggu (24/1/2021).

Liza menjelaskan, proses pendaftaran vaksinasi ada empat alur. Meja pertama, calon penerima vaksin yang mendapatkan short Message Service (SMS) dan sudah mendaftar melalui aplikasi, melakukan registrasi dan pencatatan.

Selanjutnya, setelah selesai masuk ke meja dua untuk dilakukan pemeriksaan kesehatan kepada calon penerima vaksin.

Apakah ada penyakit yang diderita seperti diabetes atau darah tinggi dan setelah dicek kesehatannya normal dilanjutkan ke meja ketiga untuk dilakukan penyuntikan vaksin.

“Tahapan di meja ketiga, tetap diperiksa kembali tensi darah dan kadar oksigen di darah. Setelah semuanya dinyatakan aman, penyuntikan vaksin dilakukan,” katanya.

Liza menjelaskan, setelah penyuntikan vaksin tahap terakhir di meja keempat. Calon penerima vaksin menunggu selama 30 menit dimana ada reaksi spontan setelah vaksinasi seperti mual, pusing atau alergi.

“Meja 4 itu adalah observasi, dimana sasaran akan diobservasi sebanyak 30 menit antara lain akan diperiksa nadinya selama 10 menit artinya kalau 30 menit, akan diperiksa sebanyak 3 kali 10 menit toolsnya untuk mengetahui terjadi metabolisme yang tidak diinginkan,” sebutnya.

“Pada 30 menit pertama itu kita sudah bisa mendeteksi apakah ada kejadian pasca imunisasi setelah vaksinasi. Apabila penerima vaksin muncul reaksi tersebut, akan dilakukan penanganan lebih lanjut. Bila kondisi penerima vaksin stabil, diperbolehkan pulang,” lanjutnya.

Liza menambahkan, vaksinasi tahap pertama ini, mudah-mudahan bisa berjalan lancar. Seluruh tenaga medis di Kota Tangerang sepenuhnya tervaksinasi.

“Petugas vaksinasi atau vaksinator ada 565 orang yang sudah dilatih, mudah-mudahan vaksinasi berjalan lancar. Setelah tenaga medis tervaksinasi, tahap selanjutnya vaksinasi ke masyarakat,” pungkasnya. (hisyam)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Disarankan
Tuliskan pesan anda

Alamat email anda tidak akan disiarkan. Penamerdeka.com tidak bertanggung jawab dengan isi komentar, tulisan komentar sepenuhnya tanggung jawab komentator sesuai aturan UU ITE