Usai Divaksin Covid-19, Nakes di Kabupaten Tangerang Muntah-muntah

PENYAKIT LAMBUNG TAK TERDETEKSI

KABUPATEN TANGERANG,PenaMerdeka – Seorang tenaga kesehatan (nakes) di Puskesmas Sukatani, Kecamatan Sukatani, Kabupaten Tangerang, Banten mengalami muntah-muntah usai di vaksin Sinovac covid-19.

“Kejadiannya kemarin, dia dari Puskesmas Sukatani. Setelah diperiksa oleh dokter di Rumah Sakit Umum Tangerang,” ujar Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit, Dinkes Kabupaten Tangerang, Hendra Tarmizi, Kamis, 28 Januari 2021.

Namun, Hendra menyebutkan yang dialami nakes tersebut bukan akibat atau gejala dari suntik vaksin covid-19. Namun, mengalami muntah karena memiliki penyakit lambung alias maag.

“Yang bersangkutan punya penyakit lambung,” katanya.

Ketika ditanya mengapa nakes tersebut bisa di suntik vaksin yang padahal memiliki riwayat penyakit, lanjut Hendra terlebih sebelum disuntik harus melalui skrining. Bahwa penyakit maag yang bukan akut tidak terdeteksi saat dilakukan skrining sebelum di vaksin.

“Iya di skrining, tapi tidak ketahuan. Yang bersangkutan itu penyakit maag biasa kadang kumat dan kadang tidak. Setelah itu (suntik) penyakitnya kambuh,” sebutnya.

Kendati demikian, Hendra memastikan, kondisi nakes tersebut saat ini dalam keadaan sehat dan normal kembali.

“Kondisinya sekarang yang bersangkutan sudah biasa lagi dan sudah normal. Itu karena yang bersangkutan sedang kambuh saja,” katanya.

Hendra menuturkan program vaksinasi tahap pertama ditargetkan selesai pada akhir Februari 2021. Kemudian, masuk ke vaksinasi tahap kedua bagi TNI Polri hingga Aparatur Sipil Negara (ASN).

“Tahap kedua vaksinasi diperkirakan dilaksanakan pada awal Maret 2021,” jelasnya. (hisyam)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Disarankan
Tuliskan pesan anda

Alamat email anda tidak akan disiarkan. Penamerdeka.com tidak bertanggung jawab dengan isi komentar, tulisan komentar sepenuhnya tanggung jawab komentator sesuai aturan UU ITE