HUT RI 76

Gandeng Kemenkominfo, Polri Bakal Aktifkan Virtual Police

EDUKASI UU ITE

JAKARTA,PenaMerdeka – Direktorat Tindak Pidana Siber Bareskrim Polri bakal bekerja sama dengan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo). Kerjasama tersebut untuk mengaktifkan polisi dunia maya atau virtual police.

Kepala Bagian Penerangan Umum Divisi Humas Polri Kombes (Pol) Ahmad Ramadhan, virtual police ini bertugas memberikan edukasi kepada masyarakat soal UU Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE).

“Polri juga akan berkoordinasi dengan pihak Kementerian Kominfo untuk membentuk satuan khusus digital,” kata Ramadhan dalam konferensi pers di Jakarta, Jumat (18/2/2021).

Ia menjelaskan, virtual police akan berpatroli di dunia maya, menegur masyarakat pengguna media sosial jika ada ada potensi pelanggaran UU ITE.

Ramadhan menegaskan, virtual police bekerja terutama untuk mengimbau masyarakat. Selanjutnya, penindakan akan dilakukan oleh polisi siber atau cyber police.

“Nantinya virtual police akan melakukan tindakan menegur dan menjelaskan potensi pelanggaran pasal-pasal sekian, juga ancaman-ancaman apa yang terkait dengan UU ITE. Lalu memberikan apa yang sebaiknya dilakukan. Virtual police muncul sebelum cyber police yang turun,” paparnya.

Perihal pengaktifan virtual police ini sebelumnya juga disampaikan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo dalam Rapat Pimpinan Polri 2021, Selasa (16/2/2021). Ia menginstruksikan agar virtual police segera diaktifkan.

Tujuannya untuk memberikan edukasi kepada masyarakat di media sosial soal perkara yang bisa dijerat dengan UU ITE.

Menurut Sigit, dalam hal ini Polri juga bisa bekerja sama dengan para pegiat media sosial atau influencer. Dengan begitu, edukasi tentang UU ITE benar-benar dipahami masyarakat.

“Saya kira ini bisa dengan melibatkan influencer yang disukai masyarakat, sehingga proses edukasi dirasakan nyaman, tidak hanya menakut-nakuti, tapi membuat masyarakat tertarik dan sadar serta memahami apa yang boleh dan tidak boleh,” jelasnya. (jirur)

Disarankan
Click To Comments