HUT RI 76

Pasca Libur Lebaran, 36 Ribu Orang Terdata Masuk Jakarta

JAKARTA,PenaMerdeka – Sebanyak 36.570 orang masuk ke Jakarta setelah Libur Lebaran Idul Fitri 1442 H atau 2021. Adapun rinciannya, 23.076 warga Jakarta dan 13.494 warga non Jakarta.

Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) DKI Jakarta, Budi Awaludin menuturkan, angka itu berdasarkan data yang dihimpun pengelola RT atau RW melalui aplikasi berbasis website Data Warga.

“Jumlah ini bersifat dinamis karena bisa bertambah sesuai pendataan di lapangan yang masih terus berlangsung,” ujar Budi melalui keterangan tertulis, Selasa (25/5/2021).

Pada aplikasi Data Warga diperlukan bukti hasil swab antigen dan PCR agar mengetahui kondisi kesehatan terakhir para pelaku perjalanan dari daerah. Sehingga, pengurus RT dan RW setempat dapat mengambil langkah dan upaya pencegahan Covid-19.

“Berdasarkan data yang masuk sebanyak 13.534 warga dilengkapi surat keterangan Covid-19 baik PCR, antigen, maupun GeNose. Hasilnya, teridentifikasi sebanyak 83 orang positif Covid-19,” katanya.

Budi menambahkan, pengurus RT dan RW dapat melakukan registrasi terlebih dahulu di portal datawarga-dukcapil.jakarta.go.id Guna melakukan penginputan data warga ke aplikasi Data Warga.

Jumlah pengguna aktif aplikasi tersebut sampai dengan saat ini telah mencapai 29.940 atau sekitar 97,27 persen.

“Kami minta warga dari daerah segera melaporkan kedatangannya melalui pengurus RT di lokasi mereka tinggal supaya bisa segera input datanya menggunakan aplikasi Data Warga,” jelasnya. (jirur)

Disarankan
Click To Comments