HUT RI 76

Viral! Air Kali Mookervart Kota Tangerang Merah Pekat Diduga Limbah Tekstil

KOTA TANGERANG,PenaMerdeka – Air di Kali Mookervart, Jembatan Merah Poris Jalan Daan Mogot, Poris Gaga Baru, Kota Tangerang berwarna merah pekat. Aliran yang diduga dicemari limbah bahan tekstil dari beberapa pabrik pada wilayah tersebut viral di media sosial.

Warga sekitar, Reza mengatakan, kejadian tersebut dimulai dari hari Rabu, (16/6/2021) sampai Kamis, (17/6/2021) kemarin. Kebetulan, sekelompok warga lainnya pun kerap melihat pencemaran kali itu setiap kali berangkat kerja.

“Kejadian itu sebenarnya kemarin kebetulan ada kawan-kawan kita yang mau berangkat kerja. Pas lewat jembatan itu liat kondisi aer merah lalu kirim ke grub WhatsApp agar mem viralkan kejadian itu,” ujarnya, Jum’at (18/6/2021).

Reza menjelaskan, dimulai dari sebaran di WhatsApp itu lah kemudian beberapa warga mencoba untuk mem viralkan kejadian tersebut. Mulai dari share ke beberapa akun sosial media Instagram, Facebook, dan yang lainnya.

“Dari situ lah banyak yang respon, lalu kita sebar ke sosmed untuk dibuat viral. Karena yang namanya limbah itu merusak ekosistem walaupun warga sekitar tidak minum di kali ini tapi merusak di aliran kali kan,” katanya.

Reza menyebutkan, kejadian tersebut kerap terjadi pada siang hari. Namun, lebih kebanyakannya limbah itu dibuang malam hari dengan berbagai warna, hal tersebut agar warga tidak melihat.

“Kalau siang hari baru kemarin, namun biasanya dibuang malem, ada warna oren, ungu dan warna lainnya. Supaya warga sekitar tidak melihat jelas. Ini limbah tekstil karena disini ada pergudangan, tapi di dekatnya juga banyak pabrik tekstil,” jelasnya. (hisyam)

Disarankan
Click To Comments