HUT RI 76

WN India Lolos Karantina di Bandara Soetta Bakal Disidangkan

KOTA TANGERANG,PenaMerdeka – Polres Bandara Soekarno-Hatta menyerahkan berkas perkara kasus tindak pidana karantina ke Kejaksaan Negeri (Kejari) Kota Tangerang. Sebanyak tujuh warga negara asing (WN) India dan tujuh warga negara Indonesia (WNI) ditetapkan menjadi tersangka.

“Selain tersangka, kita terima barang bukti berupa dokumen-dokumen seperti paspor, visa, dan surat-surat terkait dengan perjalanan para WNA,” ujar Kepala Kejari Kota Tangerang I Dewa Gede Wirajana, Senin (31/8/2021).

Wira menjelaskan, perbuatan yang dilakukan WNA itu hingga ditetapkan menjadi terdakwa, lantaran tidak mengikuti proses karantina kesehatan ketika tiba di Indonesia melalui Bandara Soekarno-Hatta saat pandemi covid-19.

“Mereka (tujuh WNA) itu tidak mengikuti proses karantina di Bandara Soekarno-Hatta dibantu diloloskan oleh tujuh tersangka WNI,” katanya.

Wira menuturkan ke-14 tersangka itu saat ini tidak dilakukan penahanan bahkan hingga dideportasi. Dia menambahkan, saat ini hanya diberikan wajib lapor untuk ke-14 terdakwa itu.

“Karena ancamannya hanya satu tahun, para tersangka tidak dilakukan penahanan. Jadi setelah semua selesai, administrasi selesai, semua dakwaan disempurnakan, secepatnya akan kami limpahkan ke pengadilan,” jelasnya.

Akibat perbuatannya ke-14 tersangka disangkakan dengan Pasal 93 Jo Pasal 9 ayat (1) UU No. 6 Th. 2018 tentang Kekarantinaan Kesehatan dan/atau Pasal 14 ayat (1) UU No. 14 Th. 1984 tentang Wabah Penyakit Menular, dengan ancaman hukuman satu tahun penjara. (hisyam)

Disarankan
Click To Comments