hsn ads Syarifudin Salwani

Kapolri Soal Mudik Lebaran 2022: Pertimbangkan Lewat Tol Hingga Beberkan Jalur Alternatif

ANTISIPASI KEMACETAN

JAKARTA,PenaMerdeka – Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo berharap pemudik mempertimbangkan pulang kampung menggunakan jalur di luar jalan tol. Sebab, animo masyarakat diprediksi melonjak karena sudah 2 tahun pemerintah menerapkan pembatasan mudik ketika Idul Fitri.

Kementerian Perhubungan sebelumnya memprediksi, sedikitnya 85 juta orang akan mudik pada tahun ini.

“Pilihan jalur ini juga kita harapkan untuk bisa menjadi pilihan, karena rata-rata memilih jalan tol sehingga tentu kemudian di jalan tol bebannya menjadi berat,” kata Listyo dalam acara vaksinasi serentak di kantor Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU), Kamis (21/4/2022).

Listyo secara spesifik menyebut, masih ada berbagi jalur alternatif yang dapat menjadi pilihan bagi para pemudik.

“Ada alternatif jalur selatan yang tentunya saat ini baru selesai dibangun, itu bisa dijadikan pilihan. Misalnya, mungkin menggunakan jalur-jalur alternatif yang ada baik di pantura (pantai utara) ataupun di jalur-jalur alternatif yang disiapkan di dalam kota,” tambah Listyo.

Di samping itu, ia mengimbau pemudik memaksimalkan transportasi umum menuju kampung halaman guna menekan kemacetan di jalur mudik, seperti kereta api.

“Kemarin kita menengok KAI itu masih ada slot yang ditambahkan 20.000 per hari,” ujar Listyo.

“Jadi ini juga bisa menjadi salah satu pilihan sehingga kemudian masyarakat bisa nyaman pada saat mudik. Motornya juga bisa dibawa dengan kereta api, sehingga kemacetan bisa kita pecah,” jelasnya. (jirur)

hsn ads Rafiudin akbar
Disarankan
Click To Comments