hsn ads Syarifudin Salwani

Pemprov DKI Jakarta Bakal Beli Pompa Kuras Khusus untuk Pemeliharaan Sumur Resapan

TAPI TIDAK TAHUN INI

JAKARTA,PenaMerdeka – Dinas Sumber Daya Air (SDA) DKI Jakarta akan melakukan pengadaan pompa kuras terkait pemeliharaan sumur resapan yang sudah dibuat. Nantinya, pemeliharaan itu juga akan dilimpahkan melalui swakelola setiap suku dinas yang ada di wilayah DKI Jakarta.

“Pemeliharaannya kita sudah bahas kemarin itu lewat mekanisme swakelola sudin-sudin dengan pengadaan pompa-pompa kuras,” ucap Kepala Dinas SDA DKI Jakarta Yusmada Faizal dalam rapat kerja bersama Komisi D, Rabu (18/5/2022).

Yusmada menjelaskan, pengadaan pompa kuras sedang dilakukan dan nantinya pengelolaan pompa kuras akan dikelola oleh setiap Suku Dinas.

Namun, pengadaan tidak dilakukan tahun ini, karena tanggungjawab pemeliharaan sumur resapan masih pada perusahaan pemenang tender pembangunan sumur.

“Sampai saat ini pemeliharaan sumur resapan yang 24.000 (titik) itu masih tanggung jawab rekanan sampai saat (tahun) ini,” imbuh Yusmada.

Selain menganggarkan pemeliharaan sumur resapan, Yusmada juga memastikan pembangunan sumur resapan tetap berjalan.

Namun, pembangunan sumur resapan akan dilakukan dengan sistem regulasi mewajibkan setiap bangunan khususnya perkantoran untuk membangun sumur resapan.

“Nah, pendekatan berikutnya sumur-sumur resapan ini lebih baik regulasi yang kantor-kantor lewat penerapan zona zero run off,” jelasnya. (jirur)

hsn ads Rafiudin akbar
Disarankan
Click To Comments