Satpol PP Kota Tangerang Genjot Pengembangan Kapasitas dan Karir PPNS

WAJIB KUASAI PERDA CIPTAKAN PERLINDUNGAN MASYARAKAT

KOTA TANGERANG,PenaMerdeka – Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Tangerang, Banten melakukan pelatihan pengembangan kapasitas dan karier Penyidik Pegawai Negeri Sipil (PPNS) yang berlangsung selama tiga hari, Rabu 12 Juni hingga Jum’at 14 Juni 2024 mendatang.

Pelatihan yang diikuti 50 PPNS bertugas di masing-masing Organisasi Perangkat Daerah (OPD) itu merupakan bentuk komitmen Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang dalam rangka menciptakan keamanan dan ketertiban umum serta penegakkan Peraturan Daerah (Perda) di wilayah tersebut.

“Kegiatan ini secara rutin dilaksanakan tiap tahunnya dengan mengundang para PPNS di lingkup Pemerintahan Kota Tangerang sebagai peserta,” ucap Kepala Bidang Penegakan Produk Hukum Daerah (Gakummda), Jose Alcino Vieira di kantornya, Kamis (13/6/2024).

Sementara Plt Kepala Satpol PP Kota Tangerang, Irman Pujahendra menyebutkan, keberadaan PPNS di Pemerintahan Kota Tangerang ini tentunya harus mampu menciptakan suasana keamanan, ketertiban, dan perlindungan kepada masyarakat Kota Tangerang.

“PPNS ini harus hadir dalam memberikan pelayanan serta edukasi kepada masyarakat terkait peraturan daerah yang berlaku,” katanya ditempat yang sama.

Irman menegaskan, seorang PPNS juga harus paham dan mengerti tentang Peraturan Daerah (Perda) hingga pasal per-pasal, sehingga dapat melakukan langkah yang harus diambil atau dilakukan khususnya yang berhubungan langsung dengan masyarakat.

“PPNS jangan sampai salah langkah dalam melakukan penegakan Perda yakni dalam penyidikan, karena PPNS harus bertanggungjawab ketika terjadi permasalahan dalam proses penindakan,” katanya.

“PPNS yang tersebar di Organisasi Perangkat Daerah (OPD) harus tetap pada koridornya sebagai penyidik, dan harus melakukan komunikasi dengan berbagai OPD terkait pelanggaran Perda,” tukasnya. (hisyam)

Disarankan
Click To Comments