Jazuli Abdillah Selamat Idul Fitri

Pilkada Banten Nasdem Koalisi ke PDI-P, Rano Sebut Tunggu Megawati

Partai Demokrasi Indonesia (PDI) Perjuangan sampai saat ini belum menentukan soal nama calon wakil gubernur yang akan dipasangkan dengan Incumbent Gubernur dalam perhelatan Pilkada Banten 2017 mendatang.

Banyak partai sudah menyodorkan nama, belakangan DPD partai Nasdem serius mengusung Wawan Iriawan sebagai orang nomor dua di Banten. Dikabarkan keputusan dari DPP Nasdem sudah 99% untuk mengusung Rano Karno dan Wawan Iriawan.

Partai Nasdem yang diwakili tim tujuh yang ditugaskan untuk mengurusi Pilkada Serentak 2017, telah memanggil Rano Karno ke kantor DPP, Senin (5/9) malam lalu.
Menurutnya, Rano sendiri tidak keberatan jika dipasangkan dengan Wawan, namun begitu ia tetap menunggu keputusan dari Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri.

Berdasarkan keterangan Sekretaris DPW NasDem Provinsi Banten, Aries Halawani, Tim Tujuh DPP NasDem meminta pernyataan sikap Rano jika dipasangkan dengan Ketua DPW NasDem Banten Wawan Iriawan. Rano mengaku siap bila dipasangkan dengan Wawan, asalkan mendapat restu Ketua Umum DPP PDIP Megawati Soekarnoputri.

“Saat ditawari dengan Pak Wawan, Rano tidak menolak. Dia bilang oke, saya siap, tapi tergantung Ibu (Megawati Soekarnoputri-red),” ujar Aries yang juga ikut dalam pertemuan bersama tim 7, Selasa (6/9).
Kata Aries, ini menandakan bahwa partai Nasdem sudah dipastikan akan bergabung dengan koalisi PDI Perjuangan.

“Setelah wawancara itu, Tim Tujuh melaporkan ke Pak Surya Paloh, untuk dikeluarkan surat keputusan rekomendasi. Jadi posisinya sudah 99 persen, yang satu persen itu tinggal surat keputusan rekomendasi dari Pak Surya Paloh saja. Saya perkirakan, kurang lebih seminggu sudah ada keputusan dari NasDem,” jelasnya.

Namun demikian kembali ia menuturkan bahwa ketika nama Wawan Iriawan tidak menjadi bakal calon wagub, kami tetap konsisten mendukung Rano dan berkoalisi ke PDIP.
“NasDem tidak akan berubah haluan,” ucapnya menjelaskan.

Dalam waktu dekat, Partai Nasdem berencana akan menggelar deklarasi, setelah surat resmi rekomendasi yang ditanda tangani Ketua Umum Surya Paloh dikeluarkan.

Sebelumnya Gerindra, partai besutan Prabowo Subianto ini mengajukan nama Ahmad Taufiq Nuriman untuk menjadi wakil Rano Karno. Jadi dalam catatan Rano Karno sudah ada sejumlah nama yang akan disandingkannya sebagai calon wakil gubenur termasuk dari PPP Banten.

Sayangnya Rano Karno sampai saat ini terlihat masih ‘bingung’ lantaran ia pun belum secara resmi direkomendasikan oleh Megawati Soekarnoputri sebagai calon gubernur Banten kendati ia sudah mengikuti syarat diklat Pilkada. (wahyudi/dbs)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Disarankan