Bersendawa Setelah Makan Bisa Jadi Penting Untuk Kesehatan

Secara etika ketika bersedawa dianggap tidak sopan, sendawa ataupun cegukan sebenarnya adalah salah satu keadaan alami yang terjadi pada tubuh bahkan bisa jadi penting untuk kesehatan tubuh.

Penyebab cegukan yang bersifat sementara biasanya adalah peregangan saluran cerna, banyak menelan udara, minuman berkarbonasi. Penyebab tersering adalah iritasi pada saraf vagus dan frenikus.

Kadangkala bersendawa terjadi dengan kelewat batas, penyebab keadaan ini biasanya saat perut terasa penuh lantaran makanan yang dikonsumsinya tak bisa dicerna dengan baik oleh pencernaan tubuh.

Berikut adalah beberapa manfaat kesehatan dari sendawa setelah menyantap makanan dilansir dari Web Advice;

Pertama adalah meredakan rasa tidaknyaman yang terjadi pada bagian perut. Alaasan orang bersendawa setelah usai mengkonsumsi makanan adalah untuk meredakan rasa tak nyaman yang terjadi pada tubuh biasanya pada lambung. Dengan sendawa tubuh akan mengeluarkan karbondioksida yang berdampak pada berkurangnya rasa kembung dan asam lambung yang berakibat membuat dada terasa nyeri.

Kedua adalah untuk meredakan tekanan pada bagian perut yang diakibatkan akumulasi gas lambung. Mengkonsumsi makanan yang mengandung gas seperti brokoli, kacang-kacangan, lobak dapat memicu tekanan pada perut terasa sesak bersendawa dapat mendorong keluarnya gas tersebut untuk meringankan tekanan akibat gas lambung.

Ketiga adalah membantu pencernaan, dengan bersendawa dipercaya dapat mengurangi produksi gas lambung berlebih. Dengan berkurangnya udara berlebih pada perut maka pencernaanakan menjadi lebih baik.

beberapa manfaat sendawa untuk kesehatan tubuh Anda. Meski bersendawa identik dengan perilaku tidak sopan, perlu diketahui bahwa itu sangat penting bagi kesehatan. Jadi jangan pernah menahan hasrat untuk bersendawa!

Beberapa manfaat sendawa bisa jadi penting untuk kesehatan, keadaan yang menybabkan kebiasaan bersendawa hingga kelewat batas harus segera ditangani karena bisa jadi akan menimbulkan masalah lebih serius tak ada salahnya untuk memeriksakannya ke dokter. (alip)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Daftar Calon Sementara Anggota DPRD Kota Tangerang 2019

Disarankan
Dirgahayu RI 73 Jazuli Abdillah