Menteri Puan Maharani: Koperasi Dan UMKM Soko Guru Ekonomi Indonesia

Pemerintah terus berupaya dan mendorong masyarakat Indonesia untuk lebih produktif. Upaya tersebut salahsatunya memajukan dan meningkatkan sektor koperasi dan usaha makro, kecil dan menengah (UMKM).

Pemberdayaan sektor koperasi dan UMKM dapat lebih meningkat antara lain dengan memberi kemudahan akses perbankan, memberi layanan kredit usaha tanpa agunan dan menyalurkan pinjaman melalui lembaga penyalur dana bergulir (LPDB).

Seperti disampaikan Menteri Koordinator bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK), Puan Maharani, pada acara Pemberdayaan Ekonomi Kerakyatan melalui Penguatan Modal kepada Koperasi dan UMKM, Surabaya, Sabtu (10/9,2016).

“Kita harus membuat masyarakat kita produktif, bekerja menghasilkan sesuatu untuk meningkatkan pertumbuhan ekonominya,” kata Puan Maharani.

Selain Menteri Koperasi dan UMKM Anak Agung Gede Ngurah Puspayoga dalam kesempatan tersebut juga hadir Gubernur Jawa Timur Soekarwo bersama Wakil Gubernur Saifullah Yusuf dan Suroso Dirut Bank Jatim.

Menteri Puan Maharani mengingatkan supaya ideologi ekonomi kerakyatan diterapkan bukan hanya di Jawa Timur tapi di seluruh Indonesia. “UMKM merupakan soko guru ekonomi kerakyatan Indonesia, terbukti ekonomi kerakyatan yang menjadi penyelamat pada saat krisis ekonomi Indonesia,” ujar Menteri Puan.

Menurut Menko PMK Jawa Timur merupakan salahsatu wilayah dengan UMKM terbaik di Indonesia. Ini terlihat dari kemasan, tempat-tempat usaha UMKM yang bersih dan tertata rapih, nantinya dapat dijadikan contoh UMKM oleh provinsi lain di Indonesia.

Menteri Puan Juga berharap “Semoga program hibah penguatan modal ini dapat berjalan dengan sukses dan penuh berkah serta mampu memberikan kontribusi nyata bagi upaya-upaya pemberdayaan ekonomi kerakyatan, khususnya di Jawa Timur,” katanya mengakhiri. (deden)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Disarankan