Daftar Calon Tetap Anggota DPRD Kota Tangerang Pemilu 2019

Jelang Akhir Tahun, Pemkab Tangerang Tetap Gencar Kembangkan UMKM

0 58

KABUPATEN TANGERANG,PenaMerdeka – Menjelang akhir tahun 2018, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tangerang dikabarkan tetap gencar kembangkan UMKM (Usaha Mikro Kecil Menangah).

“Di Kabupaten Tangerang usaha itu sudah ada 1762 dalam berbagai usaha. Terhadap pelaku usaha, kami memberikan pelatihan, fasilitas dan kita ajak untuk event ke event sebagai pemasaran. Tahun ini saja sudah enam kali kita dorong,” terang Edi Murfi, Kabid Kabid Kemitraan dan Promosi Dinas Koperasi dan UMKM Kabupaten Tangerang, Kamis (1/11/2018).

Edi menjelaskan, untuk permodalan, Pemkab Tangerang sudah mendirikan Unit Pengelola Dana Bergulir (UPDB) yang terdapat anggaran dan bisa diakses untuk kembangkan UMKM di Kabupaten Tangerang.

“Mereka sudah berbadan hukum dan jelas usahanya. Mereka juga dibuktikan dengan RAT yang berarti seleksi. Aspek legalitas juga kan ada. Kita kewenangannya untuk mendukung hal seperti ini,” cakapnya.

Pada tahun 2018 ini, Kata Edi, eksistensi usaha itu di Kabupaten Tangerang berhasil meraih Teknologi Tepat Guna (TTG). Artinya hal itu tidak hanya bernaung di Dinas Koperasi dan UMKM saja, namun seluruh Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD).

“Bukan hanya binaan kami saja, diseluruh SKPD juga ada pembinaannya juga. Contohnya di Dinas Ketenaga Kerjaan dan yang lainnya. Untuk pembinaan seperti pemasaran dan pembuatan serta yang lainnya juga ada,” tutur Edi.

Ia menambahkan, untuk pemasaran susah masuk ekspor ke Korea, Jepang, Cina dan negara lainnya. Setiap daerah di Kabupaten Tangerang ada prodak unggulan seperti kerajinan rotan di Kecamatan Pagedangan, kerajinan anyaman di Kecamatan Cikupa dan prodak ikan di wilayah Pantura.

“Semoga kedepanya dari Pemkab Tangerang soal kembangkan UMKM bisa lebih semakin maju dan mandiri, contohnya di mall bisa menerima kerajinan asal Kabupaten Tangerang. Karena kan pemkab sudah memberikan fasilitas juga,” pungkas Edi. (hisyam)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Disarankan
Loading...