Dibangun Miliaran, Iwak Banten Sepi Pengunjung

BANTEN,PenaMerdeka – Pembangunan sentra bisnis Iwak Banten di Jalan Jenderal Sudirman, Ciceri, Kota Serang, yang menelan anggaran miliaran rupiah sampai saat ini terpantau masih sepi pengunjung.

Sentra produk olahan ikan itu juga sampai saat ini belum mengakomodir perwakilan pelaku usaha mikro kecil menengah (UMKM) asal Kabupaten Serang.

Padahal, dalam Memorandum of Understanding (MoU)nya, kawasan yang dibangun Pemprov Banten tersebut diperuntukkan bagi pelaku UMKM asal Kabupaten dan Kota Serang.

Debi, salah seorang pedagang yang menempati kios di kawasan sentra tersebut menuturkan, tidak banyak pedagang yang ada di area tersebut, bahkan sebagian yang lain keluar dari tempat tersebut.

“Biasanya ada pengelolanya, tapi hari ini (kemarin -red) belum kelihatan. Yang jualan di sini (Iwak Banten-red) gak banyak, hanya beberapa kios saja yang terisi. Yang jualan masih orang Kota Serang sini, kalau dari Kabupaten Serang kayanya gak ngeliat,” kata Debi, saat ditemui di kiosnya, Selasa (11/4).

Pedagang akuarium tersebut mengaku, agar dapat berjualan di area Iwak Banten harus menyewa kios sebesar Rp10 juta per tahun.

“Katanya nanti ini akan menjadi sentra oleh-oleh khas banten, nantinya tempat ini bakal rame.

Kalau sekarang belum banyak yang jualan. Bahkan yang sebelah sana (kios bagian timur-red) tadinya ada pedagangnya sekarang sudah gak keliatan lagi, gak tahu kenapa, mungkin kurang laku,” ungkapnya.

Pelaksana tugas (Plt) Sekda Pemkab Serang Agus Erwana mengatakan, pihaknya belum mendapat informasi dari Pemprov Banten terkait pengelolaan dan penempatan pedagang di kawasan tersebut.

“Kita belum tahu perkembangannya seperti apa. Itukan dulu ada MoU antara sekda provinsi dan sekda kabupaten untuk pengelolaan dan yang bakal menempati area Iwak Banten. Salah satunya yaitu diperuntukan bagi pelaku UMKM kabupaten dan Kota Serang,” kata Agus.

Asda I Pemkab Serang itu juga menjelaskan, pihaknya akan menanyakan kepada Pemprov Banten terkait dengan tindak lanjut MoU yang telah disepakati bersama.

“Informasinya kan itu akan ada bantuan dana dari pusat dan provinsi untuk pengelolaannya, tapi lebih jelasnya akan kita tanyakan setelah selesai MTQ tingkat Provinsi Banten, seperti apa arahan dari provinsi,” paparnya. (RA)

Disarankan
Click To Comments