Daftar Calon Tetap Anggota DPRD Kota Tangerang Pemilu 2019

Produk UKM Baduy Laku Keras Setelah Melalui Digital Marketing

0 117

Banten, PenaMerdeka – Produk UKM Baduy yang umumnya terbuat dari bahan baku natural dan merupakan hasil kerajinan masyarakat yang dikerjakan secara manual mendapat respon yang baik dan laku keras di pasaran.

Belakangan memang sedang digiatkan digital marketing di daerah yang dikenal dengan kearifan masayarakat dan budayanya terhadap alam ini, peran PT Telkom Indonesia dengan program ‘Kampung UKM Digital‘ mampu meningkatkan penjualan produk UKM masyarakat Baduy.

Salah seorang pengrajin tenun dari Baduy, Meti (40) mengaku kedodoran menghadapi banyaknya pesanan kain tenun yang dibuatnya dengan menggunakan peralatan tradisional.

Dengan harga Rp. 250 ribu/potong, Meti menjual produknya ke Jakarta, Bandung serta beberapa daerah lain di Indonesia, ia harus melayani permintaan pesanan sebanyak 15 sampai 25 potong kain tenun dalam setiap minggu.

Produk UKM Baduy semakin banyak diminati “Kami kewalahan melayani permintaan pesanan melalui media internet itu. Padahal sebelumnya hanya laku dua sampai empat potong/minggu,” ujar Meti.

Produk kerajinan Baduy dikerjakan dengan peralatan tradisional dan menggunakan bahan dari alam yang ada di sekitar pemukiman mereka. Dengan digital marketing aneka produk kerajinan Baduy tidak hanya laku di pasar domestik tetapi juga mampu menembus pasar mancanegara. (sauqi/dbs)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

HPN
Loading...