Stop Rekomendasi Usaha Ritel, Pemkot Tangsel Seriusi Pengembangan Koperasi

Tangsel, PenaMerdeka – Pemerintah Kota Tangerang Selatan terus memberdayakan pembentukan koperasi. Supaya tetap eksis upayanya menyetop pemberian rekomendasi kepada pengusaha ritel. Maka dari itu melalui Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Dinkop dan UKM) Kota Tangsel serius menggarap pengembangan koperasi agar menciptakan wirusaha baru dari wadah koperasi.

Kepala Dinkop dan UKM Kota Tangsel Warman Syanudin mengatakan, program pembentukan koperasi telah berjalan. Pihaknya mendorong agar bagi pengembangan wirausaha koperasi agar terus berjalan.

“Koperasi yang ada kita bina. Soalnya punya potensi besar. Seperti Koperasi Al Jibal di Ciputat Timur yang telah berjalan sejak lama dengan jumlah anggota diperkirakan mencapai delapan ratus orang. Omsetnya pertahun pun mencapai Rp1 miliar,” katanya, saat ditemui di ruang kerja, Rabu (4/12).

Kata dia, lewat koperasi yang produktivitas baik, potensinya semakin berkembang. Produk-produk yang dihasilkan bagian dari implementasi keberadaan koperasi.

“Koperasi adalah wadah berkumpul bersama, bersilaturahim yang dapat memperbanyak mitra bisnis. Ada ratusan koperasi disini dan akan terus bertambah,”ungkapnya.

Keahlian itu berupa profesi ataupun produk yang dikembangkan dari masing-masing anggotanya. Ini sangat bermanfaat dengan hadirnya koperasi di tengah masyarakat yang mampu mengentaskan ekonomi secara optimal.

“Manfaat koperasi mampu mendorong pertumbuhan ekonomi. Jika masyarakat belum tergabung di salah satu diantaranya, sebaiknya bergabung saja karena manfaatnya amat dirasakan sekali,” tuturnya.

Asisten Daerah II Bidang Ekonomi Pembangunan Sekertariat Daerah Kota Tangsel Dedi Budiawan mengharapkan anggota serta pengurus dapat memanfaatkannya.

“Koperasi ini punya peluang ekonomi besar. Koperasi kita bisa mendunia. Semoga meningkatkan mutu bersiang di pasar bebas Asean. Terutama harus cinta produk Indonesia,” ungkapnya.

Ia juga meminta koperasi mampu mengalahkan ritel yang menjamur di Tangsel. Tentunya harus mengedepankan kualitas yang baik agar dipercaya dan digunakan secara terus menerus.

“Rekomendasi pendirian ritel telah kami stop jadi tidak ada lagi ritel baru yang berdiri. Namun untuk pendirian koperasi kami persilahkan sebanyak-banyaknya,” ujarnya. (deden)

Disarankan
Click To Comments