HUT RI 76

Nikmatnya Kopi Flores, Kopi Langka Dari Indonesia Timur

Beragam varian kopi dengan karakteristik masing-masing tersebar di Indonesia. Teksturnya ringan dan tidak terlalu pekat kopi dari Ngada dan Flores kian terdengan sebagai kopi terbaik dari Indonesia Timur.

Karakter kopi dapat ditentukan dari faktor geografis demikian halnya dengan kopi flores sebab berbeda dengan kopi pada umumnya. Karakteristik kopi Flores adalah pada rasa yang lebih manis atau dominan sweetness.

Ketua Dewan Penasehat Asosiasi Kopi Spesialiti Surip Mawardi pada kesempatan acara Festival Kopi Flores di Jakarta mengatakan secara umum kopi flores ada dua cara pengolahan, yakni olah basah dan olah kering.
“Dominasi karakter Flores itu sweetness-nya bagus. Jadi, ada rasa manis itu bagian dari komponen utama, jadi pada saat diseruput sweetness enak sekali,” kata Surip.

Kopi yang diekspor ke mancanegara berasal dari Nusa Tenggara Timur (NTT), bukan kurang populer akan tetapi memang jarang ditemukan di pasaran lokal karena termasuk kopi premium asal Indonesia.

Festival kopi flores ini sudah populer di medsos karena itu banyak para pecinta kopi yang menyempatkan diri dan sengaja datang ke Bentara Budaya Jakarta. (alip/dbs)

Click To Comments