Daftar Calon Tetap Anggota DPRD Kota Tangerang Pemilu 2019

Sering Mengucek Mata Bisa Mengakibatkan Glaukoma

0 115

PenaMerdeka – Mengucek mata merupakan kebiasasan buruk yang dapat mengakibatkan terserang glaukoma yakni masalah kesehatan yang terjadi pada indera penglihatan dengan gejala tidak langsung namun secara perlahan pandangan mata semakin berkurang dan pada akhirnya penderita glaukoma mengalami kebutaan.

Penyakit glaukoma menjadi penyebab kebutaan terbanyak kedua di seluruh dunia setelah penyakit katarak. Kerusakan saraf optik yang diiringi dengan gangguan luas pandang, biasanya keadaan ini salahsatunya terjadi akibat peningkatan tekanan bola mata, oleh sebab itu kondisi ini dianggap sebagai penyebab utama glaukoma selain diabetes dan hipertensi.

Tekanan yang terjadi pada saat mengucek mata terjadi secara spontan demikian juga kebiasaan lain yang bisa menjadi penyebab masalah pada kesehatan mata. Seorang peneliti dari UNSW School of Optometry and Vision Science yakni Prof Charles McMonnies mengatakan menggosok atau mengucek berpotensi memberikan efek tekanan sepuluh kali dari tekanan yang diberikan bagian kelopak jadi bisa berpotensi menyebabkan luka parut pada bagian bola mata.

Dikatakannya juga bahwa kebiasan mengucek mata dengan tangan juga berpotensi menyebabkan iritasi akibat kuman yang terbawa oleh tangan yang bersentuhan dengan mata.

Gunakan pelindung saat berada diluar ruangan merupakan salahsatu solusi, jangan terburu-buru mengucek mata jika terasa gatal, bersihkan dengan menggunakan sapu tangan atau tisu bersih bila perlu gunakan cairan pembersih mata jika masih terasa mengganjal. (penamas)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

HPN
Loading...