Daftar Calon Tetap Anggota DPRD Kota Tangerang Pemilu 2019

Hindari Makanan Tinggi Karbohidrat, Bisa Berefek pada Tubuh

0 85

makanan tinggi karbohidrat

JAKARTA,PenaMerdeka – Seperti biasa kita tak terlepas dari makanan tinggi karbohidrat. Terutama, jika Anda doyan menyantap nasi dan makanan yang manis. Disitulah karbohidrat atau gula berefek erat dengan konsidisi tubuh dan kesehatan Anda.

Dr Maha Haryono, Mgizi, SpGk selaku Dokter spesialis gizi di Rumah Sakit Umum Bunda Jakarta menjelaskan, makanan yang padat kalori, lemak trans, tinggi lemak jenuh, juga karbohidrat sederhana atau gula bila dikonsumsi terus menerus akan berdampak pada tubuh kita.

“Dapat berisiko overkalori dan bila berlangsung selama berhari-hari, tentunya kalori tersebut bisa tertimbun pada dalam tubuh kita,” paparnya.

Dampak makanan tinggi karbohidrat ialah berat badan bisa bertambah. Namun, efek yang penting untuk kesehatan ialah peningkatan kadar gula darah. Khususnya pada mereka yang mengidap penyakit diabetes melitus dan ganguan profik lipid darah.

Sumber karbohidrat tinggi semacamnya adalah nasi, kentang, pasta, kue bolu, kue kering, minuman manis dan olahan lainnya yang mengandung gula.

Olahan yang mengandung gula juga bisa termasuk kue kering, bolu, dan cake. Selain menjadi sumber karbohidrat, makanan tinggi karbohidrat ini juga dapat menjadi sumber lemak trans serta lemak jenuh.

Kunci dari gaya hidup sehat ialah tahu kapan saatnya mengendalikan nafsu makan dan dapat juga mengenali gejala-gejala kesehatan yang menghantui. Beberapa penyakit mempunyai gejala tersendiri yang juga dapat kita kenali. Misalnya kencing manis, gejalanya lapar, sering membuang air kecil dan seri haus.

Gejala lainnya bisa menjadi luka yang sulit sekali sembuh, ganguan pengelihatan, keputihan dan perubahan berat badan yang sangat derastis. Namun, agar mengetahuinya secara pasti apakah gula darah atau lipid tinggi harus diperiksa di laboratorium.

“Syarat agar menghindari makanan tinggi karbohidrat, anda berpuasa beberapa jam sebelum pemeriksaan. Untuk mengukur berat badan juga yang penting agar dapat mengetahui tubuh kita termasuk berisiko terkena penyakit atau tidak,” tambah Dr Marya. (hisyam/dbs)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Loading...