Jazuli Abdillah Selamat Idul Fitri

Begini Bentuk Teknologi Ponsel Tanpa Baterai Pertama

ponsel tanpa baterai

Washington, PenaMerdeka – Ilmuwan dari Universitas of Washington Amerika Serikat (AS) telah menemukan prototipe teknologi terbaru dalam bentuk ponsel tanpa baterai pertama didunia.

Daya ponsel tersebut dari sel surya berukuran kecil yang bisa mejadi daya listrik. Ponsel ini hanya memerlukan sekira 3.5 microwatt dari daya yang dipakai.

Menurut Profesor Shyam Gollakota, selaku pimpinan peneliti proyek itu, bahwa ponsel tanpa baterai tersebut belum bisa diselesaikan dalam waktu dekat ini. Tetapi, ponsel tersebut nantinya diklaim tak akan mengonsumsi daya tinggi.

“nanti akan mengonsumsi daya yang sangat kecil. Para pengguna hanya perlu memanfaatkan tenaga dari lingkungan sekitar seperti cahaya dari lampu,” ungkap Shyam seperti dilansi situs Mirror, Sabtu (8/7).

Sebuah komponen khusus juga dipasang pada ponsel tanpa baterai tersebut, dengan fungsi untuk menyerap cahaya lampu di sekitar area pengguna. Kedepan, para ilmuwan akan meningkatkan kemampuan komponen ini agar bisa menyerap sumber cahaya lebih banyak sehingga daya tahan ponsel menjadi lebih tahan lama.

Sementara ini ponsel tersebut hadir dengan prototype yang memiliki tombol angka dengan lampu LED. para peneliti juga akan memasang layar e-ink dan perangkat audio yang irit daya.

Saat ini belum ada informasi pasti kapan ponsel tanpa baterai ini rampung dan dipatenkan. Jika ponsel ini berhasil diwujudkan, dapat dipastikan perusahaan teknologi akan sangat tertarik dengan penemuan yang membuat pengguna tak perlu repot lagi dengan masalah baterai. (hisyam/dbs)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.