kanal partai gerindra

Kata Dewan Tangsel, Calon Sekda Harus Jago Komunikasi

0

Seleksi calon Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Tangerang Selatan (Tangsel) yang sudah dibuka pendaftarannya mendapatkan perhatian khusus dari anggota dewan. Para wakil rakyat ini berharap agar Sekda terpilih punya kemampuan mumpuni. Terutama soal komunikasi, kemampuan manajerial, hingga kemampuan memimpin.

Sekretaris Fraksi PADI DPRD Kota Tangsel Rizki Jonis mengatakan, agenda Seleksi Sekda menjadi isu yang menghangat di Pemkot.

Apalagi saat ini sudah dibuka seleksinya dengan syarat yang tidak sulit, yakni minimal menjabat eselon II selama dua tahun. Bila melihat aturan ini hampir semua Kepala Dinas sudah bisa ikut seleksi tersebut.

”Seleksi Sekda ini ramai. Makanya kita berharap yang terpilih memenuhi semua aspek kepegawaian,” katanya, saat dihubungi, Selasa (4/10).

Politisi Partai Demokrat ini mengatakan, Sekda merupakan puncak karir birokrat. Bila dilihat kacamata tersebut, banyak yang mengincar posisi tersebut.

Meski begitu, ia berharap sekda terpilih ini memenuhi beberapa ketentuan. Seperti memiliki manajemen yang baik, punya jiwa kepemimpinan, dekat dengan birokrat, terpenting bisa berkomunikasi dengan Dewan.

”Sekda jangan hanya dekat sama pimpinan saja, sama kita anggota juga wajib komunikasi,” imbuhnya.

Sementara Anggota Fraksi Partai Gerindra DPRD Kota Tangsel Ahadi menjelaskan, Sekda wajib memiliki komunikasi bagus dengan semua kalangan. Terutama walikota, pegawai hingga Dewan sebagai mitra Pemkot. Jika itu bisa dijalankan tentu akan memudahkan tugas-tugas walikota dalam menjalankan program.

”Sekda jabatan semi politis. Artinya harus dapat berkomunikasi dengan baik. Paling utama dengan kepala daerah,” ungkapnya.

Ketua Fraksi PKS DPRD Kota Tangsel Siti Chadijah mengungkapkan, Sekda tak hanya pintar akademik, tapi juga komunikasi. Ini agar koordinasi dengan Dewan lancar.

”Sekda koordinator pegawai. Harus mantap berhubungan dengan semua kalangan. Bila tidak bagus, komunikasinya tersendat,” ujarnya.

Peran Sekda sangat krusial, salah satunya Ketua Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) ataupun Ketua Badan Pertimbangan Jabatan dan Kepangkatan (Baperjakat). Sehingga harus memiliki kemampuan dalam keuangan, kepemimpinan dan manajeman organisasi.

Senada diungkapkan Ketua Fraksi Hanura DPRD Kota Tangsel Aguslan Busro. ”Komunikasi penting untuk memudahkan koordinasi. Kalau susah bagaimana mau bekerja. Sekda itu sosok yang menjembatani legislatif dan eksekutif,” singkatnya

Sementara, Ketua Fraksi PDI Perjuangan DPRD Kota Tangsel Iwan Rahayu enggan memberikan komentar terkait sosok ideal Sekda Tangsel. ”Netral saja,” singkatnya.

Anggota Fraksi Golkar DPRD Kota Tangsel Sukarya mengungkapkan, Sekda harus sinergitas dengan Dewan harus terjalin. ”Kalau sudah sinergi, semua pekerjaan akan lancar. Terutama hubungan Pemkot dan Dewan,”ujarnya.

Seperti diketahui bahwa pendaftaran seleksi Sekda sudah dimulai sejak 22 September hingga 11 Oktober. Birokrat yang mendaftar akan ikut ujian oleh panitia seleksi yang diisi sejumlah kalangan. Dari akademisi hingga mantan birokrat. (herman)

Puji Rahman Hakim Perindo
Baca Berita Lainnya
Angkasa Pura II

Tinggalkan pesan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.

massa commodo id accumsan mattis commodo pulvinar sit