Daftar Calon Tetap Anggota DPRD Kota Tangerang Pemilu 2019

Setelah Perda OPD Ditetapkan, Walikota Tangerang Segera ‘Kebut’ Perwal

0 106

Setelah Perda OPD Ditetapkan, Walikota Tangerang Segera ‘Kebut’ Perwal

Oleh : ADE YUNUS ALBARZANJI

Dalam waktu dekat DPRD Kota Tangerang akan mengesahkan Raperda tentang Organisasi Perangkat Daerah menjadi Perda yang merupakan amanah dari PP Nomor 18 Tahun 2016. Harapan penulis Rancangan Peraturan Daerah yang akan disahkan nanti mampu menjawab tantangan ke depan dalam mewujudkan visi dan misi Kota Tangerang yang bermotto “Ahlakul Karimah” dengan program unggulannya “ LIVE Kota Tangerang ”.

LIVE= Liveable, Investable, Visitable dan e-City yaitu kota yang layak huni, layak investasi, layak dikunjungi dan kota yang berbasis teknologi berbasis elektronik.

Penulis tahu bahwa proses penyusunan Perda ini cukup panjang yaitu melalui kajian akademis oleh para ahli yang berkompeten dan melalui study banding ke daerah lain yang memiliki karateristik tidak jauh berbeda dengan Kota Tangerang.

Hasil kerja keras dari Tim Pansus mudah-mudahan lebih aspiratif dan dapat mengakomodir tugas pokok dan fungsi yang selama ini belum berjalan dengan maksimal. Intinya adalah bahwa dengan Perda OPD yang baru nanti, Pemerintah Kota Tangerang melalui OPD-OPD teknis terkait, mampu memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat.

Adapun bila masih ada pejabaran Teknis yang belum tertuang dalam Peraturan Daerah nantinya agar segera dapat disempurnakan melalui Peraturan Walikota.

Selanjutnya setelah Raperda tentang Perangkat Daerah ini yang akan disahkan menjadi Peraturan Daerah, maka kewajiban Pemerintah Kota Tangerang melalui Bapak Walikota Kota melakutan rotasi dan/atau pengisian jabatan-jabatan yang masih kosong. Harapan penulis selaku pemerhati kinerja birokrasi siapapun yang ditugaskan untuk mengemban jabatan tersebut mampu memberikan kostribusi nyata dan positif sesuai dengan tugas pokok dan fungsinya. Fungsi koordinasi antar OPD terkait sangat penting sehingga harus berjalan dengan baik tanpa menunggu perintah pimpinan, SOP bisa membantu kelancaran dalam pelaksanaan fungsi koordinasi sehingga harus dibuat dengan jelas yang melibatkan OPD-OPD terkait. Apa pun nomenklatur OPD nya setiap pimpinan OPD tidak ada lagi yang menganggap bahwa OPD yang dipimpinya superior, karena bila masih terdapat pimpinan OPD seperti itu biasanya sulit untuk melakukan koordinasi.

Hemat penulis, yang paling prinsip bahwa untuk mencapai tujuan suatu organisasi sesuai dengan visi, misi yang telah ditetapkan diperlukan loyalitas yang tinggi dari para pelaku organisasi yang bersangkutan. Dengan kata lain bahwa keberhasilan suatu organisasi tergantung sejauh mana para pelaku organisasi yang bersangkutan berperan aktif dalam menjalankan roda organisasi dengan rasa penuh tanggung jawab.selaku pelayan masyarakat.

( Direktur Eksekutif LSM Jaringan Nurani Rakyat/Pemerhati Kinerja Birokrasi/Tinggal di Kota Tangerang )

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Disarankan
Loading...