Sambut Hari Pahlawan Dengan Ekspedisi Onthel Anyer-Panarukan

Hari pahlawan yang jatuh pada tanggal 10 November mendatang menjadi momentum penting Bangsa Indonesia. Beragam cara dilakukan untuk memperingati Hari besar nasional tersebut. Seperti Komunitas Sepeda Tua Indonesia (KOSTI) Sidoarjo melakukan Ekspedisi Onthel Anyer-Panarukan.

Kegiatan dilakukan bertepatan dengan memperingati Hari Sumpah Pemuda dan Hari Pahlawan. Komunitas onthel ini memulai acara sejak tanggal 28 Oktober lalu dan rencananya berakhir di panarukan tanggal 10 November tepat pada Hari Pahlawan.

Ari Bayasi Ketua Kosti Sidoarjo seperti dikutip dari liputan6.com mengatakan, peringatan Hari Sumpah Pemuda yang ke 88 pada tanggal 28 Oktober 2016 dijadikan sebagai momentum untuk memulai keberangkatan para pengendara onthel.

“Jadi kita berangkat kemaren pas Sumpah Pemuda, nanti sampai Panrukan tepat hari 10 November,” kata ari di Jakarta, Minggu (30/10)

Kembali dijelaskan Ari bahwa acara ekspedisi Onthel Anyer-Panarukan kali ini diikuti oleh 30 peserta yang nanti akan menempuh jarak 1.150 km. Mengingat jarak yang ditempuh sangat jauh, beberapa peserta mengadakan latihan rutin tiap akhir pekan untuk persiapan.

“Jadi jauh hari sebelumnya, kita memang rutin tiap minggu pagi coba ngontel 100 km. Terkadang 100 km pulangnya naik truk, kadang ya 50 km PP (pulang-pergi),” kata Ari menjelaskan.

Sementara itu terkait dengan peringatan Hari Pahlawan tahun ini hasil penelusuran Pena Merdeka akan dipusatkan di Jakarta bukan di Surabaya seperti tahun sebelumnya.

Pemerintah rencananya akan menggelar upacara peringatan Hari Pahlawan 10 November 2016 di Taman Makam Pahlawan Kalibata, Jakarta. (penamas/dbs)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Disarankan
Tuliskan pesan anda

Alamat email anda tidak akan disiarkan. Penamerdeka.com tidak bertanggung jawab dengan isi komentar, tulisan komentar sepenuhnya tanggung jawab komentator sesuai aturan UU ITE