Pemkab Bekasi Mengucapkan Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Ini Upaya Disnaker Kota Tangerang Tekan Pengangguran

0

Dalam beberapa waktu belakangan ini kondisi ekonomi secara makro membuat kondisi dunia usaha agak menahan diri untuk mengembangkan usahanya. Sehingga akibatnya terjadi permasalahan terkait upaya Disnaker dalam rangka mengurangi angka  pengangguran karena maraknya pemutusan hubungan kerja.

Otomatis dapat bertambahnya angka pengangguran, sebagaimana dilansir BPS per Agustus 2016 Banten merupakan provinsi dengan tingkat pengangguran terbuka tertinggi.

Dalam upaya penanganan masalah tersebut, maka Dinas Ketenagakerjaan mengambil langkah langkah antisipatif dan upaya alternatif yang akan meminimalisir resiko dari tingginya angka pengangguran tersebut.

Hal yang dilakukan antara lain, Dinas Ketenagakerjaan melalui Bidang Penempatan dan Perluasan Kesempatan Kerja melaksanakan kegiatan penyebarluasan informasi pasar kerja dalam bentuk pameran bursa kerja yang dilaksanakan di tingkat Kota Tangerang sebanyak 1 kali dan mini job fair yang dilaksanakan di tingkat Kecamatan sebanyak 2 kali.

Kegiatan bursa kerja ini merupakan upaya disnaker yang dilaksanakan dalam rangka memfasilitasi pertemuan antara pencari kerja dan perusahaan sebagai pemberi kerja, dengan pertemuan langsung ini diharapkan ada percepatan dalam proses penempatan pencari kerja.

Bagi pencari kerja kegiatan ini akan mempermudah mencari dan memilih pekerjaan sesuai dengan kualifikasi yang dimiliki, sedangkan untuk perusahaan, mereka dapat memilih pencari kerja terbaik yang melamar ke perusahaan mereka.

Sebagai tindak lanjut dari proses ini, Dinas ketenagkerjaan pun melakukan upaya monitoring penempatan yang sudah dilaksanakan oleh perusahaan perusahaan.

Bahkan Disnaker Kota Tangerang menyiapkan ruang rekrutmen khusus bagi perusahaan yang membutuhkan ruangan untuk proses rekrut.

Sekali lagi hal ini adalah langkah pelayanan yang menjadi salah satu upaya disnaker Kota Tangerang untuk memberikan kemudahan bagi pencari kerja dan perusahaan.

Dalam proses rekrutmen, sebagai upaya untuk memaksimalkan penyerapan tenaga kerja oleh perusahaan, Dinas ketenagkerjaan pun melaksanakan kegiatan penyuluhan bimbingan jabatan, hal ini dilaksanakan dengan mempertemukan antara perusahaan dengan unsur sekolah menengah kejuruan yang berkorelasi antara jurusan dan dunia usaha yang ada.

Diharapkan dengan adanya kegiatan ini maka dunia pendidikan bisa lebih menyesuaikan kurikulum yang ada dengan kebutuhan dunia kerja yang ada di Kota Tangerang sehingga suplai tenaga kerja bisa di isi secara dominan oleh warga Kota Tangerang.

Disamping hal tersebut, upaya disnaker lainnya yaitu membuka website yang bisa diakses dengan bebas untuk mendapatkan informasi baik tentang kegiatan Dinas Ketenagkerjaan, Informasi layanan, dan juga mengakses informasi lowongan kerja secara on line dan melalui aplikasi PENCAKER yang berbasis Android, hal ini dilakukan untuk memberikan kemudahan layanan melalui teknologi informasi.

Guna memperluas kesempatan masuk ke Dunia Kerja Dinas ketenagkerjaan untuk mengadakan kegiatan pelatihan berbasis kompetensi dan masyarakat yang dialksanakan melalui Balai Latihan Kerja, Pelatihan yang diperuntukan bagi warga Kota tangerang ini diharapkan bisa memberikan bekal bagi para pencari kerja/pengangguran untuk memasuki dunia kerja atau bahkan membuka lapangan pekerjaan sendiri di tengah masyarakat.

Kegiatan pelatihan yang dilaksanakan antara lain :
1. Pelatihan menjahit
2. Pelatihan teknik pendingin
3. Pelatihan las
4. Pelatihan montir motor
5. Pelatihan montir Mobil
6. Pelatihan Security

Kepala Dinas ketenagakerjaan Kota Tangerang DR. Ir.H. Moh. Rahmansyah, M.Si mengatakan, BLK Dinas ketenagkerjaan Kota Tangerang kedepan akan dibantu ruang lingkup tugasnya dengan telah selesainya workshop BLK di Kecamatan Benda, Kecamatan Cibodas dan Kecamatan Larangan.

Tahun 2017 mendatang kata pria yang kerap disapa Rahmansyah pihaknya akan melakukan langkah ekstensifikasi kegiatan pelatihan. Sehingga kedepa ia berkeyakinan bahwa warga yang membutuhkan kegiatan pelatihan bisa diakomodir dalam jumlah yang lebih banyak.

Selain hal diatas Dinas Ketenagakerjaan melalui Bidang Penempatan dan Perluasan Kerja pun melakukan kerjasama pelaihan berupa pelatihan autocad, service handphone dan pelatihan perbaikan alat alat listrik.

”Dan yang tahun ini baru dilaksanakan adalah kegiatan pelatihan perhotelan, kegiatan pemagangan yang berdasarkan perjanjian kerjasama juga akan digalakkan untuk bisa memberikan pengalaman dunia kerja yang sesungguhnya bagi para pencari kerja yang belum memiliki pengalamn kerja,” ungkap Kadisnaker. (yuyu)

PDAM Tirta Benteng

Tinggalkan pesan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.

elementum Nullam ultricies fringilla dapibus mattis elit. diam ipsum