Jazuli Abdillah Selamat Idul Fitri

Airin Istikharah Jelang Pengumuman Sekda Tangsel

Tangsel, PenaMerdeka – Walikota Tangerang Selatan (Tangsel) Airin Rachmi Diany masih bingung menentukan siapa nominator yang paling unggul untuk dipilih menjadi Sekda. Kendati seleksi Sekda tahapannya sudah memasuki tahap akhir. Bila tidak ada halangan, penetapan Sekda harus diumumkan akhir November atau kurang dari dua minggu.

“Soal Sekda saya belum bisa menjawab. Mau minta petunjuk Allah SWT lewat shalat Istikharah. Mudah-mudahan ketemu nama yang cocok untuk jadi Sekda,” katanya, saat ditemui di sebuah acara di Serpongutara, Jumat (18/11).

Airin mengaku, masih belum dapat laporan dari tim panitia seleksi (pansel) soal nama-nama yang akan menjadi Sekda. Ia pun menunggu hasil akhir dari serangkaian tes yang sudah berlangsung. Bila memang hasil akhirnya keluar, dan ia disodorkan tiga nama, Airin mengaku sulit untuk menentukan.

“Kalau tim pansel menilai tiga calon lolos tes, saya harus memilih. Kan tidak mungkin ketiganya menjadi Sekda. Harus dipilih salah satu,” ujarnya.

Maka itu, ia meminta awak media bersabar soal nama yang akan menjadi sekda. Biarkan tim pansel bekerja dan melakukan tahapan proses dengan sebaik mungkin. Kalau ia banyak berkomentar khawatir akan menganggu proses pelaksanaan tahapannya.

Airin pun percaya dengan kinerja pansel, yang isi oleh orang-orang berkompeten. Jadi hasil akhir dari tes ini merupakan jawaban siapa yang layak menjadi orang nomor satu di jajaran birokrat Tangsel.

“Sekarang ikuti saja proses yang ada di seleksi Sekda. Siapa yang terpilih, itu yang terbaik dan layak,” katanya.

Mantan Sekda Kota Tangsel Dudung E Diredja memberikan pandangannya soal seleksi Sekda. Menurut dia, hasil akhir yang menentukan siapa jadi sekda, ada di tangan Walikota. Pansel nanti memberikan nilai untuk calon, kemudian diserahkan ke walikota.

“Bila ada tiga nama yang ikut seleksi, ternyata nilainya sama. Hasil akhirnya Walikota yang menentukan,” ungkapnya.

Meski demikian, ia meyakini Walikota akan profesional dalam memilih siapa yang layak menjadi Sekda. Artinya yang terpilih nanti merupakan birokrat hebat yang layak menduduki posisi tersebut.

Disinggung nama yang ikut seleksi, Dudung mengaku ketiganya layak menjadi sekda. Semuanya birokrat hebat dan memang pantas untuk menduduki jabatan tertinggi itu.

“Tiga namanya semuanya bagus. Saya tahu karakter ketiganya karena mereka kan bekas bawahan saya. Kalau disuruh memilih agak bingung juga. Tapi saya yakin Airin bisa menentukan siapa yang paling layak,” katanya.

Diketahui, proses seleksi Sekda Kota Tangsel diikuti tiga pejabat. Mereka adalah Sukanta (Kadishubkominfo), Muhamad (Kadisperindag), dan Dadang Sopyan (Kepala BP2T). (herman)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Disarankan